SEMAKIN KECIL PAYUDARA SEMAKIN SEDIKIT PRODUKSI ASI-NYA? BENAR NGGAK YA?

Bagi perempuan, payudara adalah aset yang penting. Sebab, di payudara terdapat kelenjar susu yang bertugas memproduksi ASI bagi buah hati. Sebagian perempuan yang memiliki payudara kecil mungkin merasa khawatir bila nantinya produksi ASI menjadi lebih sedikit bila dibandingkan dengan mereka yang ukuran payudaranya lebih besar. Apakah ukuran payudara dapat mempengaruhi produksi ASI?

Sobat Sehat, tidak perlu khawatir ya, sebab ukuran payudara tidak mempengaruhi produksi ASI. Ukuran payudara dipengaruhi oleh jaringan minyak yang sama sekali tidak berpengaruh terhadap produksi ASI. Sementara itu, produksi ASI lebih dipengaruhi oleh jumlah kelenjar susu yang akan tumbuh selama masa kehamilan. Kelenjar susu tersebut akan tumbuh dan mulai memproduksi ASI menjelang kelahiran bayi. Oleh karena itu, payudara akan membesar selama kehamilan dan saat menyusui.

Faktor lain yang mempengaruhi produksi ASI adalah seberapa sering bayi menyusu dan jumlah ASI yang diisap oleh bayi. Semakin sering bayi menyusu, maka semakin banyak pula ASI yang diproduksi oleh kelenjar susu. Jadi, pastikan untuk menyusui secara rutin agar produksi ASI tetap lancar dan banyak.