PAYUDARA BESAR SEBELAH, BAHAYA KAH?

Pernah tidak sih Anda merasa ukuran payudara besar sebelah?

Kondisi payudara besar sebelah ini terjadi pada lebih dari 50% perempuan di dunia. Umumnya, payudara sebelah kiri cenderung lebih besar dari payudara sebelah kanan. Perbedaannya pun bisa mencapai 20%. Mungkin banyak perempuan yang merasa khawatir dengan hal tersebut. Kok bisa ya ukuran payudara besar sebelah? Ada beberapa hal yang dapat memengaruhi perbedaan ukuran payudara.

Pertama adalah perkembangan payudara saat masa remaja. Awalnya perkembangan payudara memang cenderung berbeda antara kanan dan kiri. Seiring dengan bertambahnya umur, maka ukuran kedua payudara bisa seimbang. Namun, bila usia sudah lebih dari 16 tahun tapi masih berbeda ukurannya, maka kemungkinan perbedaan ukuran payudara akan tetap dimiliki hingga dewasa.

Saat menstruasi terjadi perubahan hormon yang dapat mengakibatkan pembengkakan kelenjar susu. Hal ini bisa menjadi penyebab perbedaan ukuran payudara. Namun, hal ini bersifat sementara dan akan kembali normal saat menstruasi berakhir.

Terakhir adalah kebiasaan menyusui. Bila kebiasaan Anda hanya menggunakan satu payudara untuk menyusui, maka bisa jadi payudara Anda menjadi besar sebelah. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan kedua payudara saat menyusui agar tidak besar sebelah.

Penyebab lain payudara besar sebelah ini bisa jadi karena posisi anatomis yang tak sejajar, perubahan hormon, faktor genetik, dan efek dari kehamilan. Namun, bila perbedaan ukurannya sangat terlihat, maka Anda wajib khawatir karena bisa menjadi ciri-ciri kanker payudara.