MINUM KOPI CEGAH IMPOTENSI? MITOS ATAU FAKTA?

Sobat Sehat, khususnya para pria, pasti sudah akrab dengan kopi yaa. Selain sebagai teman begadang, kini kopi juga menjadi salah satu teman nongkrong yang sangat populer. Mungkin Sobat Sehat bisa minum bergelas-gelas kopi dalam sehari ya. Namun, pernah gak sih Sobat Sehat mendengar mitos bahwa kopi dapat mencegah impotensi pada pria?

Yang pernah mendengar mitos ini tentu merasa penasaran ya apalagi yang hobinya minum kopi. Sebenarnya benar nggak sih minum kopi dapat mencegah impotensi?

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ada hubungan kopi dengan kemampuan ereksi pria. Pria yang meminum kopi sebanyak 2-3 gelas per hari memiliki kemampuan ereksi yang lebih kuat. Tapi penelitian ini masih perlu dikaji lebih dalam lagi karena diperlukan banyak data yang lebih akurat dan tidak bias.

Dibanding meminum kopi, ada banyak cara lain untuk mengatasi impotensi. Apa saja?

Pertama, menurunkan kadar lemak di area perut dengan olahraga secara rutin dan mengatur pola makan. Kedua, menurunkan konsumsi alkohol karena alkohol dapat mengganggu peredaran darah di dalam tubuh. Terakhir, menurunkan kadar stres  dengan melakukan meditasi atau berlibur agar tubuh lebih rileks.