SEHARIAN DUDUK DI KANTOR, AWAS KESEHATAN TERGANGGU!

Dalam sehari, aktivitas apa saja yang Anda lakukan? Apakah Anda sering berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya? Ataukah Anda hanya duduk di tempat saja hingga jam kerja berakhir?

Tentunya ketika di kantor ada banyak hal yang harus Anda lakukan. Salah satunya tentu mengerjakan tanggungan Anda yang mungkin mengharuskan Anda untuk duduk di depan komputer untuk waktu yang sangat lama. Bila dalam sehari Anda harus duduk dalam jangka waktu yang lama, wah sebaiknya Anda berhati-hati.

Duduk untuk jangka waktu yang terlalu lama bisa mengakibatkan banyak resiko. James A. Levine, M.D., Ph.D, seorang ahli kesehatan dari National Institutes of Health (NIH), mengemukakan bahwa ada banyak resiko yang bisa muncul akibat duduk terlalu lama. Resiko yang pertama adalah obesitas karena tubuh Anda kurang bergerak. Selain itu, metabolisme tubuh pun akan terganggu. Bahkan, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa terlalu lama duduk bisa meningkatkan resiko kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular dan cancer. Terlalu lama duduk bahkan bisa berpengaruh pada tekanan darah serta tingkat kolesterol Anda.

Oleh karena itu, apabila Anda tidak ingin resiko tersebut terjadi pada Anda ada baiknya Anda mengurangi frekuensi duduk. Jika pekerjaan Anda memang mengharuskan Anda untuk duduk, ada baiknya Anda menggerakkan tubuh sewaktu-waktu. Sebagai contoh, berdirilah saat mengangkat telepon. Sesekali, biasakan mengambil minum di pantry kantor. Jangan pernah duduk hingga lebih dari 3 jam atau lemak Anda akan menumpuk di sekitar pinggang. Berdirilah untuk sekedar menghampiri rekan kerja yang duduk di meja lain. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi lama waktu duduk perharinya. 



Sumber: Mayoclinic.org