UDAH NGGAK JAMAN KALAH SAMA NYERI HAID, LAWAN YUK!

Hampir setiap perempuan tentunya pernah merasakan kram perut saat menjelang atau hari pertama menstruasi. Perut terasa sangat sakit dan mulas namun tidak terasa ingin buang air besar. Perut terasa kaku dan seperti tertekan hingga Anda merasa sangat tidak nyaman dengan rasa sakit tersebut. Selain itu, pinggang, punggung bagian bawah, dan paha bagian dalam juga terasa pegal-pegal. Apabila sakitnya sangat parah, bahkan Anda akan merasa perut kembung, muntah, dan juga mencret. Lalu, bagaimana caranya untuk meredakan nyeri haid ini?

Kram perut atau nyeri yang dirasakan saat menstruasi sebenarnya terjadi karena kontraksi otot di rahim. Karena tekanan yang kuat tersebut, pembuluh darah pun turut tertekan sehingga menyebabkan kurangnya pasokan oksigen di dalam rahim. Kurangnya oksigen dalam rahim tersebut lah yang membuat Anda merasakan nyeri haid. Untuk meredakan nyeri ataupun kram perut yang disebabkan oleh haid, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Minum Obat Pereda Nyeri

Bila rasa sakit yang dirasakan tidak terlalu parah, Anda bisa meminum obat pereda nyeri seperti aspirin. Agar hasilnya terlihat lebih cepat, sebaiknya Anda meminumnya segera setelah kram perut terasa. Apabila Anda masih merasakan sakitnya, ambilah kantong atau botol yang berisi air panas untuk mengompres perut atau area yang sakit. Menghangatkan tubuh dengan mandi air panas juga dapat membantu meredakan nyeri haid.

Jangan Paksakan Diri Anda

Selain beberapa hal tersebut, saat perut terasa nyeri jangan paksakan diri Anda dan kurangi beraktivitas. Beristirahatlah hingga rasa sakit yang Anda rasakan membaik. Hindari juga makanan yang mengandung kafein dan garam karena dapat memperlama sakit yang Anda rasakan. Kurangi juga merokok atau konsumsi alkohol. Terakhir, bila tak tertahankan lagi Anda bisa memijat punggung bagian belakang dan area perut untuk mengurangi rasa sakit.

Olahraga Rutin Kurangi Nyeri Haid

Anda mungkin tidak ingin merasakan sakit karena menstruasi. Hal tersebut sangat mungkin terjadi karena ternyata perempuan yang sering berolahraga secara rutin lebih jarang terserang nyeri haid. Jadwalkan olahraga setidaknya seminggu sekali agar badan Anda terasa bugar. Dengan demikian, saat menstruasi datang Anda tidak akan menderita karena kram perut.