BANYAK UPIL SAAT BANGUN TIDUR, TERNYATA KARENA INFEKSI?

Kotoran di hidung atau upil sering mengganggu pernapasan namun mungkin Anda merasa malu untuk membersihkan di depan umum. Kotoran tersebut sebenarnya adalah lendir yang berfungsi untuk menyaring polusi maupun kuman di udara yang masuk saat Anda bernapas. Biasanya Anda akan merasa hidung penuh upil saat pulang dari beraktivitas di luar ruangan. Namun, pernahkah Anda menyadari bahwa terkadang saat bangun tidur pun di hidung juga banyak kotoran atau upil tersebut? Kira-kira kenapa ya? Berikut ini adalah beberapa penyebab upil yang menumpuk di hidung saat bangun tidur.

Polusi

Meskipun tak terlihat, terkadang udara tercemar polusi yang tinggi, apalagi bila Anda tinggal di area industri. Sebagai akibatnya, udara yang dihirup pun mengandung banyak kotoran dan untuk mengatasinya selaput lendir memproduksi lebih banyak ingus untuk pertahanan. Akibatnya, saat bangun tidur, upil sudah menumpuk.

Seprai

Seberapa sering Anda mengganti seprai? Seprai yang jarang diganti adalah ancaman bagi kesehatan karena dapat menimbulkan debu atau kuman. Mungkin Anda mengabaikannya karena tidak terlihat tapi debu dan kuman dari seprai dapat tersaring di hidung sehingga membentuk kotoran upil yang banyak saat terbangun.

AC

Bila Anda tidur dengan AC, upil juga lebih mudah menumpuk, apalagi bila AC jarang dibersihkan. Tak hanya itu, tidur dengan AC membuat udara menjadi kering sehingga lendir dalam hidup lebih cepat mengering.

Infeksi

Saat Anda sakit sehingga memicu infeksi di hidung, bukan tidak mungkin bila lendir yang merupakan pertahanan tubuh terhadap infeksi tersebut diproduksi lebih banyak. Sebagai akibatnya, upil pun menjadi lebih banyak muncul saat bangun tidur.


Sumber:Detik.com