PERUT DIKIT-DIKIT KEMBUNG, TANDA-TANDA PENYAKIT JANTUNG

Sering mengalami perut kembung ? semua orang pasti menyangka gejala masuk angin. Masuk angin dinilai banyak orang adalah gejala tak enak badan, Tetapi anda harus tau bahwa tidak semua perut kembung adalah gejala masuk angin, bisa jadi tanda gejala serangan jantung. Pada Selasa (23/1/2018) penyiar sekaligus penyanyi Deni, Sys NS sempat mengeluhkan sakit perut dan kembung pada pagi hari, kemudian pingsan dan nyawanya tak tertolong.

Menurut Prof Dr Budhi Setianto, SpJP, FIHA dari Pusat Jantung Nasional, gejala serangan jantung yang lebih spesifik disertai nyeri dada.

"Nyeri dada pada serangan jantung bukanlah nyeri pada tulang atau kulit, tetapi nyeri dari dalam dan rasanya tidak hilang-hilang. Kalau sudah seperti itu dan memang punya faktor risiko jangan dikerok, langsung saja dibawa ke rumah sakit," pesan Prof Budhi dikutip dari artikel detikHealth sebelumnya.

Sementara itu, perut kembung juga kerap disangka gejala dari sakit mag. Padahal menurut dokter spesialis penyakti dalam, dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH dari RS Mayapada Tangerang mengatakan bahwa gejala sakit mag mirip dengan gejala sakit jantung. "Kalau seseorang dengan faktor risiko yang banyak untuk penyakit jantung, mengeluh sakit mag, mungkin kita pikirkan bukan sakit mag dulu, tapi selalu pikirkan sakit jantung yang memang sedang menyerang, khususnya bagian bawah jantung," ujar dr Hendra.


sumber : detik.com