HOBI PAKAI EARPHONE SAAT TIDUR? HATI-HATI AKIBATNYA FATAL!

Sebagian besar orang nemiliki berbagai cara agar mendapatkan kualitas tidur yang baik. Salah satunya adalah dengan mendengarkan musik melalui earphone. Cara ini dianggap menjadi cara yang efektif yang bisa membantu mereka untuk lebih cepat tidur. Namun, dari segi medis, ternyata terus-terusan menggunakan earphone terutama saat tidur dapat menimbulkan masalah kesehatan lho. Berikut ini adalah bebeerapa bahaya yang muncul karena penggunaan earphone terus-terusan.

Pendengaran Menurun

Ketika telinga selalu terpapar suara dengan volume tinggi apalagi saat tidur dapat menyebabkan kerusakan pada koklea telinga. Akibatnya, pendengaran pun dapat menurun dan tidak normal lagi. Apalagi, Anda mungkin tidak menyadari sudah berapa lama Anda menggunakan earphone saat tidur.

Kerusakan Otak

Kerusakan otak juga bisa terjadi bila Anda secara terus menerus mendengarkan musik melalui earphone. Saat tidur, otak mestinya beristirahat agar dapat segar kembali keesokan harinya. Namun, bila Anda mendengarkan musik dengan earphone, suara musik akan membuat otak mengolahnya sehingga istirahat otak pun akan terganggu. Selain itu, terdapat dugaan hantaran elektromagnetik dari earphone yang dapat merusak sel-sel di otak.

Rusak Permanen Pada Telinga

Bila gendang telinga sudah tidak mampu menanggung beban suara keras dari earphone yang terus didengarkan setiap malam, maka besar kemungkinan bila terjadi kerusakan permanen pada telinga. Oleh karena itu, sebaiknya tidak terus terusan menggunakan headset. Pastikan untuk menggunakan earphone maksimal selama 2 jam.