ANGKAT GALON BISA BAHAYAKAN TESTIS? WAH HATI-HATI!

Apakah Anda sering mendapatkan giliran untuk mengganti galon di kantor? Terkadang ada kalanya dalam seminggu Anda mendapatkan giliran untuk mengganti air galon. Meskipun terlihat sepele, ternyata mengangkat galon 19 liter dapat menimbulkan masalah kesehatan bila dilakukan dengan sembarangan. Apa saja bahayanya?

Sakit punggung adalah hal pertama yang paling mungkin terjadi bila Anda mengangkat galon secara sembarangan. Hal ini terjadi karena adanya tekanan berasal dari beban benda yang Anda angkat.

Selanjutnya, bila Anda cukup sering mengangkat galon, ada pentingnya bagi Anda untuk waspada karena skoliosis dapat mengintai. Skoliosis adalah kelainan tulang belakang yang menimbulkan rasa nyeri yang dapat menjalar ke tangan, kaki, hingga pinggul.

Selain sakit pada tulang, mengangkat galon sembarangan juga bisa berakibat pada saraf. Saat mengangkat galon, terdapat tekanan secara berlebihan pada saraf sehingga menimbulkan penyakit saraf kejepit. Pertandanya adalah lemah fisik, sering kesemutan, dan kebas pada bagian tubuh tertentu.

Bagi pria, bahayanya bisa lebih parah karena teknik pengangkatan galon yang tidak tepat bisa menyebabkan hernia dan juga nyeri testis. Oleh karena itu pastikan Anda tahu teknik pengangkatan galon yang tepat.

Anda bisa mulai dengan posisi jongkok, bukan membungkuk. Lalu, tegakkan badan dengan memberikan tekanan pada otot kaki, bukan otot punggung. Dengan demikian, punggung, bahu, dan leher bisa tetap lurus. Cara ini sangat bermanfaat karena Anda dapat menghindari nyeri punggung.