SELANGKANGAN MENGHITAM? BISA DIATASI

Pernahkah Anda memperhatikan warna kulit di area selangkangan? Tidak banyak orang yang memperhatikan warna kulitnya di area-area yang tak mudah terlihat oleh mata, salah satunya di area selangkangan. Bila diperhatikan warna kulit di area selangkangan cenderung lebih hitam dibanding area kulit lainnya. Padahal, kulit di area tersebut justru jarang terpapar sinar matahari. Kok bisa ya?

Warna kulit selangkangan yang lebih gelap atau menghitam disebut dengan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi muncul karena adanya gesekan antara kulit dengan kain pakaian, terutama yg ketat. Tak hanya itu, hiperpigmentasi juga dapat terjadi karena kebersihan yang kurang terjaga. Menurut Dr. dr. I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK. FINSDV., kulit selangkangan yang menghitam terjadi karena gesekan saat berjalan atau kebiasaan menggaruk-garuk.

Selangkangan yang hitam sebenarnya bisa diatasi dengan mengoleskan krim yang diresepkan dari dokter. Namun, perlu diketahui bahwa bila menghitamnya juga dibarengi dengan rasa gatal yang mengganggu, maka bisa jadi sudah terdapat jamur yang bersarang. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengunjungi dokter dan mengetahui penyebabnya bila ada yang tak beres dengan selangkangan Anda.