MACAM-MACAM PENGGANTI GULA, TAPI YANG INI BIKIN SEHAT!

Makanan atau minuman yang manis memang membuat badan menjadi lebih berenergi dan mood pun meningkat. Banyak orang yang memilih memakan makanan manis sebagai pelampiasan saat mood sedang buruk. Namun, apabila kebiasaan tersebut terus menerus dilakukan, Anda harus bersiap menerima risiko obesitas hingga diabetes. Tentunya Anda tak ingin hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya cari pengganti gula yang dapat digunakan sebagai pemanis dalam bahan makanan, namun yang lebih sehat. Apa saja?

Madu

Tak diragukan lagi, madu memang menjadi alternatif yang tepat bagi Anda yang suka manis tapi anti gula. 80% kandungan dalam madu adalah gula alami sehingga rasanya memang manis seperti gula pasir. Yang membedakan madu dari gula biasa adalah kalorinya yang lebih sedikit dari gula biasa. Oleh karena itu, lebih disarankan untuk memilih madu sebagai pengganti gula.

Nektar Agave

Mungkin Anda merasa asing dengan istilah yang satu ini. Di Meksiko, tanaman Agave memang dikenal memiliki nektar manis dan sering dijadikan pengganti gula. Pasalnya, nektar agave mengandung glukosa dan fruktosa jadi bisa menjadi pilihan bila Anda ingin sesuatu yang manis.

Buah

Buah memang bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan energi dengan makan makanan manis. Buah juga mengandung fruktosa yang sejenis dengan gula sehingga dapat Anda pilih bila menginginkan makanan manis. Tak hanya itu, buah juga mengandung berbagai nutrisi lainnya yg baik untuk tubuh.


Sumber: Liputan6.com