NGGAK MAU KEGUGURAN, HINDARI MAKANAN INI YA!

Saat sedang hamil, penting bagi seorang perempuan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang menyehatkan sehingga janin dalam kandungan tumbuh dengan sehat. Namun, ada makanan yang sebaiknya harus dihindari karena dapat menyebabkan keguguran. Apa saja ya?

Pertama, telur mentah atau setengah matang. Telur yang mentah atau setengah matang dapat berisiko mengandung bakteri salmonella sehingga dapat meningkatkan risiko keguguran. Sebaiknya hindari juga jenis makanan lain yang juga mengandung telur mentah seperti mayones atau saus salad.

Selanjutnya, daging mentah atau setengah matang. Bagi penyuka steak, mungkin suka ya dengan jenis daging steak yang setengah matang, atau makan sushi dengan daging ikan mentah. Ingat ya, selama hamil, sebaiknya tidak konsumsi daging mentah ya karena dapat berisiko terinfeksi parasit toxoplasma gondii, bakteri salmonella, listeria, dan e.coli yang bisa menyebabkan keguguran.

Beberapa jenis buah-buahan sebaiknya juga dikurangi konsumsinya untuk menghindari keguguran seperti buah nanas dan pepaya muda. Buah nanas mengandung enzim bromelain yang bila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan leher rahim melunak sehingga memicu kontraksi. Sementara, pepaya muda mengandung getah atau lateks yang juga bisa memicu kontraksi bila dikonsumsi berlebihan

Terakhir, konsumsi minuman keras dan juga kafein sebaiknya dihindari. Minuman keras dapat meningkatkan risiko bayi lahir dalam kondisi meninggal dan juga bisa mengganggu perkembangan otak janin serta menyebabkan cacat bawaan lahir. Sementara itu, kafein yang terkandung dalam kopi, coklat, maupun teh bisa meningkatkan risiko keguguran, bayi lahir prematur, dan bayi lahir dengan berat lahir rendah.