POSISI-POSISI YANG LANCARKAN PROSES PERSALINAN, CUKUP JONGKOK!

Sebagian besar ibu hamil tentu memilih melahirkan normal apabila memungkinkan. Pasalnya, melahirkan normal memang membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih cepat bila dibandingkan dengan operasi caesar. Agar proses persalinan berjalan lancar dan normal, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan ibu hamil untuk melemaskan otot-otot yang digunakan saat melahirkan. Apa saja ya?

Pertama adalah posisi miring. Bila janin dalam kandungan belum masuk di jalan lahir, maka posisi berbaring miring dengan salah satu kaki diangkat dan kaki lainnya diluruskan adalah posisi yang layak untuk dicoba saat persalinan.

Kedua adalah posisi jongkok. Posisi jongkok memang sering menjadi posisi yang dianjurkan saat persalinan. Posisi ini sangat dianjurkan karena adanya bantuan dari gaya gravitasi bumi dan ibu bisa mengontrol saat mengejan dengan mudah. Hanya saja, posisi ini membuat dokter maupun bidan kesulitan untuk memantau perkembangan bukaan.

Posisi selanjutnya adalah posisi setengah duduk. Banyak juga ibu hamil yang memilih posisi ini untuk melahirkan. Dengan posisi setengah duduk, ibu dapat bersandar pada pasangan dan panggul pun dapat melebar karena posisi kaki dapat terbuka. Posisi tersebut memang mempermudah persalinan.

Selanjutnya adalah posisi berlutut. Seperti posisi jongkok, proses persalinan dengan posisi berlutut yang memungkinkan kaki terbuka dapat memudahkan bayi untuk keluar karena adanya bantuan gravitasi bumi. Proses persalinan pun dapat berjalan lebih mudah.

Terakhir adalah posisi merangkak dengan kedua lengan menopang tubuh. Berbeda dari posisi sebelumnya, dengan posisi merangkak ibu hamil dapat mengurangi rasa nyeri punggung saat bersalin sehingga posisi bayi turun ke panggul pun juga lebih cepat.