NGGAK KUNJUNG HAMIL JUGA? COBA CEK DULU PENYEBABNYA!

Memiliki buah hati tentu menjadi hal yang diidamkan bagi setiap pasangan, apalagi yang baru saja menikah. Namun, terkadang bagi sebagian orang, mendapatkan keturunan tidak semulus yang dibayangkan. Terdapat beberapa hal yang bisa menghambat terjadinya kehamilan. Apa saja ya?

Faktor Penghambat Kehamilan

Pada perempuan, penghambatnya bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti faktor usia, proses ovulasi terganggu, menderita endometriosis, mengalami infeksi pada organ reproduksi, hingga terjadi penyumbatan saluran tuba falopi dan juga mengidap kanker.

Tapi, penghambat kehamilan tak hanya muncul pada perempuan saja. Penghambat kehamilan juga bisa terjadi pada pria lho. Misalnya, gangguan testis, memiliki masalah ejakulasi dini, menderita infeksi, cedera pada organ reproduksi, organ reproduksi terpapar panas secara berlebihan, dan juga menderita kanker.

Gaya Hidup

Tak hanya faktor fisik dari kedua belah pihak, gaya hidup juga bisa menjadi faktor penghambat kehamilan, seperti kebiasaan olahraga yang terlalu keras, merokok, minuman beralkohol, hingga diet yang berlebihan sehingga menyebabkan kekurangan berat badan.

Ikuti Program Kehamilan

Bila berbagai faktor penghambat kehamilan tersebut terjadi pada Anda maupun pasangan Anda, sebaiknya ikuti program kehamilan di dokter kandungan. Ada beberapa program kehamilan yang bisa dipertimbangkan, seperti program hubungan masa subur, inseminasi, atau program bayi tabung. Apapun pilihan Anda, konsultasikan dulu dengan dokter kandungan agar didapatkan metode paling tepat untuk kondisi yang dialami.