LAGI HAMIL MALAH MINUM KOPI, SEBABKAN LEUKIMIA?

Apakah Anda suka minum kopi? Tidak diragukan lagi ya, kopi memang menjadi salah satu minuman favorit. Selain nikmat, kopi juga bisa membantu Anda untuk lebih berenergi dan juga membantu untuk tetap terjaga. Namun, bukan berarti setiap orang boleh minum kopi lho!

Bagi ibu hamil, makan dan minum yang dikonsumsi harus diperhatikan, termasuk konsumsi kopi. Meskipun terasa nikmat, namun ternyata meminum kopi tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Kenapa ya?

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Obstetrics and Gynaecology, ibu hamil yang meminum secangkir kopi perhari selama masa kehamilannya dapat meningkatkan risiko bayi yang dikandungnya terkena leukimia hingga 20%. Namun, bila ternyata konsumsinya lebih dari dua gelas, maka risiko pun meningkat menjadi 60% dan bila konsumsinya lebih dari 4 gelas, maka risiko anak yang dilahirkan terserang leukimia menjadi 75%.

Meskipun demikian, penelitian ini masih membutuhkan temuan yang kuat untuk menunjukkan hubungan antara minum kopi saat hamil dengan leukimia. Oleh karena itu, ada baiknya bagi ibu hamil untuk lebih membatasi terlebih dulu konsumsi kopi dan lebih banyak mengkonsumsi makanan bernutrisi yang baik untuk perkembangan janin.