PILIH BRA BERKAWAT, BENARKAH SEBABKAN KANKER?

Perempuan tentu merasa bahwa pakaian dalam memiliki andil yang besar dalam kenyamanan sehari-hari. Memilih jenis bra pun tentunya tidak boleh sembarangan. Seperti yang kita ketahui, ada banyak jenis bra dan salah satunya adalah bra yang berkawat. Namun, sering kita dengar bahwa bra berkawat dapat meningkatkan resiko terserang kanker payudara. Hmm, bener nggak ya?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fred Hutchinson Cancer Research Center di Amerika dan telah dimuat di jurnal Cancer Epidemiology Biomarkers and Prevention di tahun 2014 menemukan bahwa yang meningkatkan risiko terserang kanker payudara adalah kelebihan berat badan, BUKAN karena memakai bra berkawat pada wanita yang berpayudara besar.

Mitos lain yang sering didengar tentang bra berkawat adalah meningkatnya risiko terhambatnya produksi ASI. Hal ini juga tidak benar, karena bila ukuran bra-nya tepat maka justru dapat menjaga aliran darah dan kelancaran ASI.

Jadi, bra berkawat maupun tidak ternyata bisa digunakan oleh wanita asalkan ukurannya tepat, nyaman, dan tidak mengganggu postur tubuh. Bila sedikit saja terasa tak nyaman, seperti terasa gatal di bagian punggung, kawat terasa menusuk payudara, atau tali sering bergeser, maka sebaiknya segera ganti bra Anda dengan yang lebih nyaman.