FAKTA SUSU FORMULA YANG WAJIB DIKETAHUI ORANG TUA!

Memilih susu formula sebagai tambahan asupan bagi bayi tentu tidak boleh sembarangan. Apalagi, bila sang buah hati memiliki kondisi alergi khusus. Penting bagi orang tua untuk mengetahui berbagai fakta tentang susu formula yang kadang tersamarkan oleh mitos-mitos yang beredar di masyarakat. Apa saja faktanya

Memilih Susu Formula Harus Dikonsultasikan

Untuk memilih susu formula yang cocok bagi buah hati, ada baiknya untuk dikonsultasikan dulu dengan dokter anak. Bila bayi tak memiliki masalah alergi atau pencernaan, maka susu formula yang terbuat dari susu sapi boleh diberikan. Namun, bila bayi Anda intoleran terhadap laktosa atau protein susu, maka sebaiknya pilih susu formula yang bebas laktosa, terbuat dari kedelai, atau susu formula hipoalergenik.

Cukup Disterilkan 1 kali

Botol susu formula harus disterilkan saat penggunaan pertama di dalam air mendidih selama 5 menit atau disterilkan dalam microwave. Untuk penggunaan kedua dan seterusnya, dicuci dengan air panas dan sabun saja sudah cukup ya.

Simpan di Lemari Es

Susu formula sebaiknya disimpan di lemari es agar bakteri tidak tumbuh. Bila Anda sudah menyimpan susu formula yang sudah dibuat di dalam kulkas selama 24 jam atau dibiarkan terbuka selama 48 jam, maka sebaiknya jangan diberikan lagi ke bayi ya.

Maksimal 1 Jam

Susu formula yang dibiarkan dalam suhu kamar hanya bisa bertahan selama 1 jam saja. Bila sudah dibiarkan selama 1 jam, sebaiknya jangan diberikan lagi kepada bayi Anda karena kemungkinan sudah ada bakteri yang mungkin saja membuat bayi menjadi sakit.


Sumber: Hellosehat.com