HOBI MAIN HANDPHONE SAMBIL TENGKURAP, NGGAK BAIK UNTUK TUBUH!

Kini gadget telah menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Bahkan dimanapun berada, gadgetpun juga selalu dibawa. Salah satunya disaat tiduran di atas kasur. Biasanya memainkan gadget sambil tiduran berposisi tengkurap dan berat badan bagian atas ditumpukan pada kedua siku, tetapi posisi ini dianggap kurang tepat bagi kesehatan.

Pakar kesehatan dr. Ade Tobing, SpKO menyebutkan bahwa posisi ini bisa berdampak buruk bagi tulang belakang kita. Dengan posisi tengkurap, tulang belakang melengkung dengan posisi yang tidak aman sehingga jika diteruskan, dikhawatirkan kita akan menyebabkan rasa nyeri. Bahkan, jika kita kerap memainkan gadget dengan posisi ini, maka dikhawatirkan postur tubuh mengalami perubahan dan akhirnya menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Posisi paling ideal untuk memainkan gadget adalah dengan duduk dan menempatkan gadget sejajar dengan mata kita. Jika kita menempatkan gadget seperti ponsel di bagian bawah seperti dengan cara memangku tangan di atas paha, maka tanpa kita sadari kita berada dalam kondisi membungkuk dalam waktu yang lama dan bisa memicu nyeri pada leher, bahu, dan tulang belakang. Bahkan, posisi ini disebut-sebut bisa menyebabkan kulit pada leher mudah mengerut dan akhirnya mengalami penuaan dini.


Sumber : doktersehat.com