JANGAN MEROKOK SAMBIL BERMOTOR, SEBABKAN KEBUTAAN LHO!

Apakah Anda seorang perokok? Terkadang bagi perokok, keinginan untuk merokok sangat tidak terbendung. Oleh karena itu, mereka bisa merokok sambil menyetir mobil atau mengendarai motor. Perokok yang sering melakukan kebiasaan ini terkadang tidak menyadari bahwa abu dari rokok yang ia hisap berbahaya bagi pengendara lain di belakangnya. Bahkan, kini merokok sambil mengendarai mobil atau motor akan dikenakan denda oleh pihak kepolisian. Meskipun banyak perokok yang tidak setuju dengan aturan tersebut, nyatanya abu rokok yang mereka hisap saat berkendara memang berbahaya. Berikut ini adalah beberapa dampak abu rokok bagi kesehatan mata.

1. Mata Berair

Abu rokok dapat menyebabkan mata berair bila masuk ke mata. Ini adalah dampak yang paling ringan bila dibandingkan dampak lainnya. Namun, jika abu rokok tidak segera dibuang maka bisa berubah menjadi iritasi parah. Konsentrasi pengendara yang matanya terkena abu rokok pun akan pecah karena mata menjadi terasa perih, berair, mengganjal, dan merah.

2. Merusak Kornea

Dokter spesialis mata dari Eka Hospital Pekanbaru, dr. Surya Utama, SpM., mengungkapkan bahwa bara api dari rokok yang terbang masuk ke mata bisa merusak kornea. Akibatnya bisa bervariasi, mulai dari mata yang menjadi kabur dan merah, hingga mengalami kebutaan.

3. Luka Bakar

Selain berdampak ke mata, abu dan bara rokok yang terbang saat penghisapnya mengendarai motor juga bisa melukai kulit. Kulit yang terkena abu rokok bisa terbakar dan mengakibatkan rasa perih.


Sumber: Detik.com