JANGAN TAHU YANG JAHAT AJA, BAKTERI JUGA ADA YANG BAIK LHO!

Hampir setiap orang berusaha untuk memperhatikan kebersihan dirinya agar bakteri tidak berkembang. Bila bakteri berkembang di tubuh, bisa dipastikan bahwa Anda akan mudah terserang penyakit. Namun, satu hal yang perlu diketahui, ternyata bakteri tak hanya menyebabkan penyakit. Tubuh juga membutuhkan bakteri agar tetap sehat. Jenis bakteri yang dibutuhkan tubuh tentunya hanyalah bakteri baik. Bakteri baik berfungsi untuk pengolahan dan detoksifikasi sehingga daya tahan alami tubuh dapat membaik. Tak hanya itu, bakteri baik juga bisa membantu pembentukan vitamin.

Fakta tersebut diamini oleh dr. Frank Lipman yang merupakan pendiri Eleven Eleven Wellness, Manhattan. Menurut Frank, apabila bakteri yang berada di dalam tubuh tidak seimbang, maka akan terjadi berbagai gangguan. Bila bakteri jahat lebih banyak dibandingkan bakteri baik, maka bukan tidak mungkin bila terjadi penyakit autoimun dan kelebihan berat badan. Oleh karena itu, keseimbangan bakteri di dalam tubuh harus dijaga. Berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menjaga keseimbangan bakteri di dalam tubuh.

1. Perbanyak Asupan Prebiotik

Pencernaan bisa diperlancar bila Anda mengkonsumsi makanan yang berserat dan kaya akan prebiotik. Makanan yang berserat lebih mudah dicerna oleh tubuh. Beberapa jenis makanan yang kaya akan prebiotik adalah sayur dan umbi-umbian, kacang-kacangan, asparagus, dan pisang.

2. Konsumsi Sayuran Hijau

Sayuran yang berwarna hijau adalah pilihan yang tepat bila Anda tidak tahu jenis makanan apa yang harus dikonsumsi. Sayur-sayuran yang berwarna hijau ternyata memiliki keberagaman bakteri yang tinggi dan tentunya bermanfaat bagi tubuh.

3. Hindari Makanan yang Diolah

Terkadang karena ingin praktis Anda memilih mengkonsumsi makanan yang sudah diolah dan tinggal dipanaskan. Meskipun terasa praktis, makanan yang telah diolah bisa membunuh bakteri baik dalam tubuh. Bila jumlah bakteri jahat terus meningkat, tentunya akan sangat berbahaya bagi tubuh Anda.

4. Kurangi Antibiotik

Banyak orang yang merasa belum akan sembuh bila belum meminum antibiotik. Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan antibiotik yang berlebihan akan membunuh semua jenis bakteri, termasuk bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya pada manusia, penggunaan antibiotik pada hewan ternak pun juga bisa berakibat bagi tubuh manusia. Bila manusia mengkonsumsi daging yang diberi antibiotik, maka tubuh pun akan menyerapnya.

5. Tambah Suplemen Probiotik
Mungkin asupan probiotik yang Anda dapatkan dari makanan belum memenuhi kebutuhan probiotik dalam tubuh. Oleh karena itu, akan lebih baik bila Anda juga mengonsumsi suplemen probiotik yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh.


Sumber: Detik.com