ANAK TETAP HAPPY SAAT PERJALANAN MUDIK? RAHASIANYA DISINI!

Apakah Anda sedang dalam perjalanan mudik? Mudik tentunya menjadi hal yang paling ditunggu karena menjadi waktu untuk bertemu keluarga setelah merantau selama berbulan-bulan. Banyak hal yang harus dipersiapkan saat mudik, terutama bagi yang membawa anak. Perjalanan mudik yang cenderung lama membuat anak menjadi gelisah dan rewel apabila terlalu lelah. Kebanyakan orangtua justru memberikan gadget sebagai pengalih perhatian agar anak tidak rewel. Apakah ini cara yang tepat?

Memainkan gadget saat perjalanan mudik mungkin memang dikenal ampuh untuk mengatasi kebosanan. Meskipun demikian, bukan berarti hal tersebut benar. Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto, menyarankan bahwa sebaiknya gadget tidak dimainkan secara berlebihan oleh anak-anak. Selain menimbulkan rasa mual yang muncul akibat mata terfokus pada gadget, akan muncul dampak negatif pula. Saat dipisahkan dari gaget, anak cenderung melawan sehingga justru membuatnya rewel sepanjang sisa perjalanan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, akan lebih baik bila anak diberikan mainan yang seperlunya saja agar tetap nyaman selama di perjalanan. Jika anak sudah mulai bosan dengan mainannya, orangtua dapat mengajak anak mengobrol atau melihat pemandangan selama perjalanan. Topik obrolan yang seru bisa membuat anak tidak bosan dan justru menikmati perjalanan. Orang tua dapat menceritakan cerita rakyat atau sekedar memberi tebak-tebakan ringan.

Membuat anak selalu terjaga dalam perjalanan yang panjang juga kurang baik. Bila anak sudah nampak bosan atau lelah mengobrol, sebaiknya sarankan ia untuk tidur. Dengan demikian, anak bisa mendapatkan istirahat yang cukup dan tidak kelelahan. Siapkan juga cemilan berupa makanan maupun minuman yang sehat agar anak tidak kelaparan selama perjalanan mudik.


Sumber: Kompas.com