OTW MUDIK TAPI ANAK MABUK KENDARAAN? ATASI DENGAN CARA INI!

Mudik ke kampung halaman merupakan hal yang paling ditunggu bagi mereka yang merantau. Banyak keluarga yang sudah mempersiapkan keperluan mudiknya dari jauh-jauh hari. Bagi keluarga yang memiliki anak kecil, tentu persiapan ekstra harus dilakukan, termasuk mempersiapkan agar anak-anak tidak mabuk perjalanan. Kali ini, saya akan berbagi tips agar anak tidak mabuk perjalanan saat mudik menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Pertama, tempatkan anak di posisi tengah atau depan, baik saat perjalanan darat maupun perjalanan udara.

Kedua, sampaikan pada anak untuk melihat ke depan, bukan ke arah mobil yang berjalan berlawanan. Pergerakan yang terlalu cepat sulit diikuti mata sehingga dapat membangkitkan rasa mual.

Ketiga, hindari makanan yang berat dan minuman yang bersoda sebelum melakukan perjalanan. Apabila anak merasa lapar saat di perjalanan, berikan makanan ringan dan air putih atau minuman lain yang tidak bersoda.

Bermain gadget dan membaca buku sebaiknya juga tidak dilakukan saat sedang melakukan perjalanan darat. Mata yang lelah dapat memunculkan rasa mual dan pening.

Selanjutnya, pastikan juga sirkulasi udara dalam keadaan yang baik agar anak tidak merasa sesak. Siapkan minyak aroma terapi yang dapat membantu anak untuk mengalihkan rasa mual.

Pastikan juga kendaraan melaju dengan kecepatan yang stabil dan tidak terlalu berguncang. Apabila anak mulai jenuh maka sebaiknya berhenti di resting area selama 10-15 menit.

Terakhir, konsultasikan terlebih dulu ke dokter anak untuk mendapatkan obat pencegah mabuk perjalanan dan gejala mual muntah yang sesuai dengan kondisi anak.