DUDUK TERLALU LAMA BISA PICU BERBAGAI JENIS KANKER INI!

Berapa jam kah waktu yang Anda habiskan untuk duduk dalam sehari? 3 jam? Atau lebih dari 5 jam? Baik pelajar maupun karyawan kantoran tentu menghabiskan banyak waktu untuk duduk. Dalam sehari, mereka bisa duduk lebih dari 3 jam. Duduk tentu lebih nyaman daripada berjalan-jalan karena Anda tidak akan mudah lelah. Namun, bukan berarti duduk lebih sehat daripada beraktivitas lho.

Baru-baru ini, lagi-lagi peneliti menemukan kaitan antara kebiasaan duduk dengan resiko kanker. Charles E. Matthews, seorang ahli epidemiologi dari National Cancer Institure menemukan bahwa duduk diam hanya dalam jangka waktu 1 jam saja dapat meningkatkan resiko kanker payudara dan 9 jenis kanker lainnya, termasuk kanker paru-paru serta kanker di kepala dan leher.

Bahkan, seperti dikutip dari Dailymail, mereka yang rajin berolahraga tapi masih banyak duduk pun tetap akan terkena resiko kanker tersebut. Untuk mengatasinya, Charles mengatakan bahwa mengurangi waktu duduk dan menggantinya dengan melakukan berbagai aktivitas bisa mengurangi resiko kanker. Aktivitas fisik yang dilakukan pun tidak perlu yang berat-berat. Cukup berjalan, berdiri, atau mengerjakan pekerjaan rumah tangga dapat sangat membantu menurunkan resiko kanker.

Pastikan pula Anda tidak duduk diam selama lebih dari 1 jam. Berdirilah dan berjalan sedikit untuk mengurangi intensitas duduk. Bila Anda ingin mendapatkan manfaat yang optimal, lebih disarankan untuk melakukan aktivitas fisik berintensitas tinggi sehingga resikonya dapat diturunkan dengan optimal.