JANGAN TAKUT DONOR DARAH SAAT PUASA, INI SYARATNYA!

Mungkin sebagian besar secara rutin mendonorkan darahnya agar menjadi lebih sehat. Namun, saat jadwal donor darah berbenturan dengan bulan puasa, Anda mungkin menjadi ragu untuk melakukannya karena khawatir tubuh akan menjadi lemas. Padahal, tidak ada larangan untuk mendonorkan darah saat berpuasa. Selama Anda merasa tubuh sehat, tekanan darah, nadi, suhu, berat badan, dan laju napas dinyatakan aman, donor darah pun tetap bisa dilakukan. Beberapa hal juga musti diperhatikan bila Anda memutuskan untuk mendonorkan darah ketika puasa. Apa saja?

Waktu Donor

Meskipun diperbolehkan, bukan berarti Anda bisa mendonorkan darah sewaktu-waktu. Jika memang ingin melakukan donor darah saat berpuasa, waktu yang dianjurkan adalah pada pagi hari atau malam hari setelah berbuka. Hal ini penting karena pada waktu tersebut tubuh sedang tidak kekurangan cairan. Catatan khusus bagi perempuan, sebaiknya tidak mendonorkan darah ketika menstruasi sedang berlangsung.

Persiapkan dengan Matang

Donor darah saat berpuasa tidak dapat dilakukan secara mendadak tanpa persiapan. Satu hari sebelumnya, pendonor harus menyiapkan diri dengan memakan makanan bernutrisi saat berbuka dan sahur. Perbanyak minum air putih sehingga cairan dalam tubuh tetap tercukupi meskipun darah didonorkan. Tak hanya itu, istirahat yang cukup juga penting untuk dilakukan agar tubuh tetap optimal selama proses pendonoran darah.


Sumber: Liputan6.com