JADI SEMBELIT GARA-GARA BERPUASA, BISA DIATASI KOK!

Di bulan Ramadhan ini, sebagian besar orang tentu mengalami kesulitan buang air besar atau sembelit. Saat sembelit, Anda mungkin merasa perut menjadi tidak nyaman sehingga puasa menjadi terganggu. Gangguan pencernaan memang menjadi masalah yang umum dialami oleh orang yang berpuasa. Untuk mengatasinya, sudah tentu Anda harus tahu penyebabnya. Berikut ini adalah penyebab sembelit yang umum terjadi pada orang yang berpuasa.

dr. Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH dari RS Mayapada Tangerang menuturkan bahwa penyebab utama sembelit pada orang yang berpuasa adalah kekurangan serat maupun cairan. Saat tidak berpuasa, seseorang akan minum banyak air putih sehingga kebutuhan tubuh akan cairan pun terpenuhi. Berbeda dengan saat puasa, karena air yang dikonsumsi pun terbatas maka tubuh pun mengalami kekurangan cairan. Hal inilah yang menjadi penyebab utama sembelit atau buang air besar yang dialami oleh orang yang berpuasa.

Ketika tubuh kekurangan cairan, konsistensi feses pun berbeda dari saat kondisi tubuh normal. Feses menjadi lebih keras dan padat sehingga akan membuat Anda kesakitan saat mengeluarkannya. Untuk menghindari hal ini terjadi, ada baiknya Anda memperhatikan asupan cairan saat berbuka dan sahur. Dengan demikian, tubuh tetap terhidrasi dan tidak akan mengalami sulit buang air besar. Tak hanya itu, perhatikan juga jenis makanan yang Anda konsumsi. Makanan yang berserat sangat dianjurkan bila Anda ingin buang air besar lancar.


Sumber: Detik.com