NO BAU MULUT, CARA INI YANG KAMU CARI!

Salah satu problem saat berpuasa di bulan Ramadhan adalah bau mulut yang cukup mengganggu. Banyak orang yang merasa hal ini adalah hal yang wajar karena orang berpuasa tidak makan dan minum dalam waktu yang cukup lama. Namun, bukan berarti hal ini tidak dapat dicegah. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah bau mulut saat berpuasa.

Menyikat Lidah

Tidak diragukan lagi bila menyikat gigi adalah hal yang sudah pasti dilakukan oleh setiap orang selepas sahur. Namun, menyikat gigi saja tidak cukup untuk menghindarkan bau mulut. Penting juga bagi Anda untuk menyikat lidah. Lidah adalah tempat berkumpulnya bakteri. Jika Anda hanya menyikat gigi tanpa menyikat lidah, bakteri yang bersarang di gigi pun dapat berpindah ke lidah. Gosoklah lidah dari bagian belakang hingga ke depan agar bakterinya dapat dibersihkan.

Hindari Dehidrasi

Saat dehidrasi, tubuh menjadi kekurangan air. Hal ini tentu saja memancing munculnya bau mulut. Oleh karena itu, saat sahur maupun berbuka, sebaiknya penuhi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan 8 gelas air perhari di jam-jam saat tidak berpuasa.

Stop Merokok

Satu lagi penyebab bau napas tak sedap adalah karena Anda merokok. Ketika berpuasa, bau mulut yang muncul juga bisa disebabkan dari rokok yang dihirup. Oleh karena itu, sebaiknya hindari atau berhenti merokok bila tak ingin bau napas menjadi tak sedap. Selain itu, rokok juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan gigi dan mulut. Jadi, sebaiknya hindari merokok, ya!


Sumber: Detik.com