MUDAH NGANTUK SAAT PUASA, BISA DICEGAH LHO!

Salah satu hal yang tidak bisa dilawan saat berpuasa adalah rasa kantuk. Hal ini mungkin saja terjadi karena waktu tidur yang berkurang bagi setiap orang. Saat tidak berpuasa, ketika rasa kantuk menyerang, sebagian besar orang memilih untuk memakan cemilan yang dapat membantu mereka untuk terjaga. Namun, ketika berpuasa tentu hal tersebut tidak dapat dilakukan. Oleh karena itu, diperlukan cara lain yang dapat membantu Anda melawan rasa kantuk. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidak mudah mengantuk saat bekerja.

Bergerak dan Berjalan

Ketika mengantuk, berjalan kaki dapat membantu Anda untuk meningkatkan energi selama 2 jam ke depan. Dengan berjalan kaki, oksigen dapat dipompa ke pembuluh darah, otak, dan otot. Kemungkinan, rasa kantuk yang Anda rasakan terjadi karena kurangnya pasokan oksigen. Oleh karena itu, berjalanlah agar otak mendapatkan oksigen.

Tidur Siang

Salah satu cara paling ampuh untuk melawan rasa kantuk adalah dengan tidur. Gunakan waktu istirahat siang untuk tidur sejenak, namun jangan terlalu lama. 5-25 menit sudah cukup bagi Anda untuk tidur siang. Apabila lebih dari itu, kemungkinan besar, tubuh justru menjadi lebih lemas.

Mengobrol

Alihkan juga rasa kantuk Anda dengan mengobrol. Mengobrol memang direkomendasikan untuk melawan rasa kantuk karena meningkatkan kewaspadaan serta konsentrasi Anda. Mengobrol tentang topik yang berat dianggap sangat membantu untuk menghilangkan rasa kantuk.

Cari Sinar Matahari

Berada di ruangan yang redup akan membuat mata Anda menjadi lebih mengantuk karena otak menganggap cahaya redup sebagai sinyal untuk tidur. Oleh karena itu, lebih disarankan untuk menyalakan lampu atau mencari sinar matahari saat rasa kantuk menyerang. Dengan demikian, otak menjadi lebih terjaga dan tidak salah mengirim sinyal.

Atur Pernapasan

Salah satu cara untuk mengatasi kekurangan oksigen di otak adalah dengan menarik napas dalam. Dengan menarik napas dalam-dalam, akan ada lebih banyak oksigen yang disetor masuk ke otak. Hal ini juga akan membantu Anda untuk memperoleh pikiran yang lebih segar.

Tidur Cukup

Karena akan bangun sahur, penting bagi Anda untuk mendapatkan tidur yang cukup pada malam harinya. Jangan sampai Anda terlambat tidur karena akan mempengaruhi tubuh Anda di keesokan harinya. Pastikan kamar Anda terasa nyaman untuk tidur agar Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk terlelap.


Sumber: Hellosehat.com