IBU HAMIL INGIN PUASA? MAKAN INI UNTUK SAHUR YA!

Berpuasa saat hamil kini menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh ibu hamil, tentunya dengan pengawasan dokter. Ibu hamil wajib menambah asupan gizinya agar janin tetap berada di kondisi yang aman. Penambahan asupan gizi dapat dilakukan dengan memakan makanan padat gizi. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan padat gizi yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil saat berpuasa.

Ikan

Tidak diragukan lagi bila ikan, khususnya ikan laut, memiliki kandungan omega 3 yang tinggi serta iodium. Kedua zat tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk perkembangan otak janin. Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi ikan paling tidak 2 hari sekali. BIla tidka ada ikan teri, maka ibu hamil bisa mengonsumsi ikan teri sebagai tambahan pemenuhan kebutuhan kalsium harian. 3-4 sendok makan teri terbukti memiliki kandungan gizi yang sama dengan segelas susu sapi segar. Proses pengolahan ikan sebaiknya juga diperhatikan agar lemak yang masuk adalah lemak alami dari ikan.

Kacang Kedelai

Tidak diragukan lagi bila kacang kedelai menjadi jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, apalagi yang berpuasa. Ada dua jenis zat penting yang terkandung dalam kacang kedelai, yaitu kalsium dan asam folat. Asam folat tentu sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin. Konsumsi kacang kedelai sebanyak 8-10 sendok makan bisa menjadi variasi camilan sepulang tarawih atau saat sahur.

Telur Ayam

Bagi ibu hamil yang berpuasa, asupan protein hewani juga harus diperhatikan. Untuk memperoleh protein hewani, konsumsi telur ayam adalah cara yang bisa dilakukan. Telur ayam mengandung zat besi dan zink yang berfungsi untuk pemenuhan gizi ibu dan janin selama kehamilan. 1-2 butir telur perhari bisa dipilih untuk variasi lauk saat sahur dan berbuka.

Hati Ayam

Terakhir, ibu hamil juga dapat mengonsumsi hati ayam yang mengandung banyak asam folat serta zink. Hati ayam memang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil yang berpuasa. 2 Potong hati ayam yang dikonsumsi 2-3 kali dalam satu minggu sudah cukup untuk pemenuhan gizi ibu hamil. Makanlah ketika buka serta sahur.