TAK MAU SEMBELIT SAAT PUASA? HINDARI MENU INI!

Selama berpuasa, tentunya Anda ingin menjalaninya dengan lancar tanpa kendala kesehatan. Perubahan pola makan yang terjadi selama berpuasa membuat tubuh harus beradaptasi. Selain itu, jenis makanan yang masuk ke tubuh terkadang tak terkontrol. Salah satu masalah pencernaan yang muncul saat berpuasa adalah sembelit. Sulit buang air besar ini memang muncul sebagai efek samping dari jenis makanan yang Anda konsumsi saat sahur maupun berbuka. Untuk itu, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikurangi agar Anda tidak sembelit di bulan Ramadhan. Apa saja?

Daging Merah

Daging merah adalah jenis makanan pertama yang harus dikurangi. Kandungan protein dan lemak dalam daging merah ini membuatnya sulit dicerna bila dibandingkan dengan karbohidrat. Maka, agar tak sembelit, sebaiknya kurangilah konsumsi daging merah saat sahur maupun berbuka.

Produk Olahan Susu

Mengonsumsi produk olahan susu seperti keju, yoghurt, maupun es krim dalam jumlah yang terlalu banyak tentu menjadi alasan mengapa Anda menjadi sembelit. Pasalnya, dalam produk olahan susu terdapat kandungan protein dan laktosa yang tinggi.

Makanan Olahan Instan

Biasanya, Anda cenderung malas memasak untuk sahur sehingga hanya menggoreng makanan instan cepat saji seperti kornet, sosis, atau sarden kalengan. Makanan olahan ini nyatanya dapat menyebabkan sembelit sebab kandungan garam dan lemaknya cukup tinggi. Akibatnya, tubuh pun memerlukan kerja ekstra untuk mencernanya.

Makanan Tinggi Gula

Tidak diragukan lagi bahwa makanan manis menjadi pilihan utama berbuka, seperti kolak atau berbagai jenis kue. Padahal, makanan tersebut mengandung gula tinggi. Anda lebih disarankan untuk mengkonsumsi kurma yang tinggi serat sehingga dapat menghindarkan Anda dari masalah pencernaan.

Gorengan

Hayo, siapa yang memilih gorengan sebagai cemilan berbuka? Wah, gorengan ini memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga memang lebih sulit dicerna. Sebagai akibatnya, Anda harus berhadapan dengan masalah sembelit yang mengganggu.

Telur

Telur adalah makanan yang mudah diolah sehingga sering menjadikan orang-orang memilih makanan ini untuk sahur. Tapi, ternyata konsumsi telur tidak dianjurkan karena kandungan proteinnya yang tinggi namun kandungan seratnya rendah. Bila memang harus mengkonsumsi telur, sangat disarankan untuk mengkonsumsinya bersama sayuran yang tinggi serat agar tidak sembelit. 


Sumber: Alodokter.com