ALASAN MENGAPA SMARTPHONE SEBAIKNYA TAK DIBAWA KE TOILET!

Smartphone kini menjadi salah satu hal yang tidak bisa ditinggalkan oleh manusia. Hampir setiap kesempatan, semua orang tidak pernah lupa menggenggam smartphone-nya, termasuk ke toilet. Banyak orang yang merasa lebih nyaman saat BAB sambil memainkan smartphone, entah untuk menonton video, bermain game, atau sekedar chatting dengan sahabat. Hmm, meskipun terlihat normal, ternyata ada beberapa hal yang dapat terjadi bila Anda membawa smartphone ke toilet, lho.

Reverse Peristaltik

Saat membawa ponsel ke toilet, Anda cenderung akan menghabiskan waktu yang lebih lama daripada seharusnya. Ternyata, duduk terlalu lama di toilet ini dapat meningkatkan risiko reverse peristaltik. Saat akan BAB, usus seharusnya bergerak mendorong kotoran keluar dari usus. Namun, karena duduk terlalu lama di toilet sambil memainkan ponsel, yang terjadi adalah sebaliknya. Gerakan usus berbalik arah sehingga menyebabkan susah buang air besar.

Prolaps Rektum

Tak hanya itu, kasus terbaru juga menunjukkan akibat yang terjadi karena duduk terlalu lama di toilet. Seorang pria di China dikabarkan mengalami kasus usus keluar melalui dubur karena duduk di toilet lebih dari 30 menit sambil memainkan ponsel. Kasus ini disebut prolaps rektum.

Wasir Kambuh

Selanjutnya, duduk terlalu lama di toilet juga bisa memicu kambuhnya wasir atau hemorrhoid. Tentunya Anda tidak akan merasa nyaman bila wasir kembali kambuh. Hal ini dapat terjadi bila Anda duduk di toilet sambil memainkan ponsel untuk waktu yang lama.

Smartphone Jadi Sarang Bakteri

Ketika diteliti ternyata di sela-sela smartphone banyak ditemukan bakteri E.coli, shigella, dan campylobacter. Berbagai jenis bakteri tersebut sebenarnya banyak ditemukan di toilet. Bila Anda sering membawa smartphone Anda ke toilet, bukan tidak mungkin bila terciprat air toilet sehingga menjadi tempat persebaran berbagai bakteri tersebut.