HIK! TERUS-TERUSAN SENDAWA DAN BERBAU, TANDA PENYAKIT LHO!

Setelah makan, banyak orang yang merasa kekenyangan kemudian bersendawa. Ada kalanya seseorang yang bersendawa hanya ingin mengeluarkan udara dari perutnya. Bersendawa sebenarnya dilakukan oleh semua orang, namun ada kalanya sendawa merupakan tanda pencernaan yang bermasalah ketika udara yang keluar saat sendawa berbau.

Seorang ahli gastroenterologi di NorthShore University menyatakan bahwa sendawa merupakan hal yang wajar. Namun, akan menjadi tidak wajar bila sendawa juga diikuti oleh beberapa gejala lainnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab Anda bersendawa.

Makan Terlalu Cepat

Penyebab pertama Anda bersendawa adalah karena makan yang berlebihan. Saat makan makanan yang enak, Anda mungkin cenderung makan melebihi kapasitas perut yang seharusnya hanya 1-1.5 liter saja. Namun, karena makanan yang enak dan membuat Anda ingin makan lebih, maka perut berkembang untuk mengakomodasi makanan yang masuk ke perut. Akhirnya, gas dalam perut pun tidak memiliki tempat dan akhirnya naik ke kerongkongan untuk keluar melalui mulut.

Makan Terlalu Banyak

Tak hanya makan terlalu cepat, makan terlalu banyak juga bisa membuat Anda bersendawa. Hal ini disebabkan oleh lebih banyaknya udara yang masuk bila Anda makan dengan cepat atau sambil mengobrol. Oleh karenanya, dianjurkan untuk makan secara perlahan agar tidak banyak udara yang masuk.

Menghirup Udara

Menghirup udara terlalu banyak juga bisa menjadi penyebab munculnya keinginan untuk bersendawa. Udara dapat terhirup melalui berbagai aktivitas seperti menghisap permen, mengunyah permen karet, merokok, dan juga mengalami hiperventilasi karena merasa cemas. Tak hanya itu, penderita sleep apnea yang memakai CPAP juga bisa bersendawa sebagai efek samping penggunaan alat tersebut.

Makan Makanan yang Menghasilkan Gas

Ada beberapa jenis sayuran yang bisa memicu sendawa karena menghasilkan gas selama berada di pencernaan. Beberapa jenis sayuran yang bisa mengakibatkan sendawa adalah bawang merah dan brokoli. Tak hanya itu, telur, daging, ikan dan bawang putih juga bisa menghasilkan gas yang membuat Anda bersendawa. Minum soda juga bisa mengakibatkan munculnya gelembung yang memungkinkan Anda bersendawa.

Gejala Penyakit

Selain beberapa alasan di atas, sendawa juga bisa muncul karena menjadi gejala beberapa penyakit tertentu. Apabila sendawa diikuti dengan kembung, sakit perut dan diare, maka bisa jadi ini merupakan tanda iritasi usus besar. Namun, bila sendawa diikuti dengan rasa mual, maka bisa jadi Anda memiliki gangguan refluks asam lambung. Terakhir, bila selain mual Anda juga merasakan sakit perut di bagian atas, memiliki gangguan pencernaan dan kehilangan nafsu makan maka Anda mungkin memiliki gastritis.