NGGAK DISANGKA, BISA TURUNKAN HIPERTENSI DENGAN SEPAK BOLA!

Nampaknya hampir seluruh masyarakat Indonesia menyukai sepak bola atau futsal. Hampir di setiap instansi memiliki klub futsal maupun sepak bola-nya sendiri. Setiap pertandingan bola klub kenamaan pun akan dipenuhi dengan ribuan penonton. Olahraga ini juga dianggap sebagai hiburan di sela-sela kepenatan pekerjaan. Meskipun dianggap sebagai hiburan yang menyenangkan, ternyata bermain sepak bola dan futsal dapat sangat membantu kesehatan Anda.

Sebuah penelitian dari University of Southern Denmark menyampaikan bahwa ternyata olahraga ini dapat sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda. Menurut Peter Krustrup, pemimpin penelitian tersebut, bermain bola ternyata dapat membantu Anda untuk menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Tak hanya itu, bila Anda bermain bola secara rutin, kadar kolesterol dapat menurun, dan denyut jantung akan membaik.

Meskipun Anda hanya menganggap sepak bola maupun futsal yang Anda lakukan sebagai olahraga yang rekreasional, nyatanya, manfaatnya dapat dirasakan berbagai kalangan, jenis kelamin, maupun usia. Anda tak perlu malu maupun minder karena teknik permainan Anda kurang baik. Bermain dengan santai saja sudah bisa membantu Anda untuk mendapatkan manfaatnya.

Bila dibandingkan dengan orang yang tak berolahraga, tentunya bermain sepak bola maupun futsal akan jauh lebih sehat. Tekanan darah orang yang mengidap hipertensi dan berolahraga bisa 11 mmHg lebih rendah dibanding biasanya. Oleh karena itu, lebih baik bagi Anda untuk rutin melakukan olahraga ini karena di samping menyehatkan Anda juga bisa refreshing.


Sumber: Detik.com