PERNAH MINUM AMOXICILLIN + ANTIBIOTIK? JANGAN YA, BAHAYA!

Sudah berapakah jenis obat yang pernah Anda konsumsi? Sebagian besar orang tentu sering mengkonsumsi obat dengan jenis yang sama. Salah satu jenis obat yang mungkin sudah tidak asing bagi masyarakat adalah Amoxicillin. Obat ini adalah jenis obat penisilin yang dikonsumsi untuk membunuh bakteri. Amoxicillin juga dipilih untuk mengobati berbagai macam infeksi, seperti infeksi pada mata, telinga, tenggorokan, kulit, saluran kencing, dan juga saluran pernapasan.

Bila Anda diberi amoxicillin untuk menyembuhkan penyakit yang Anda derita, ingatlah bahwa amoxicillin tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan antibiotik tanpa resep dokter. Ada beberapa catatan yang harus diperhatikan saat mengonsumsi obat penisilin yang satu ini. Amoxicilin hanya boleh dikonsumsi bersamaan dengan antibiotik bila targetnya berbeda. Maksudnya, amoxicillin digunakan untuk menyerang bakteri satu jenis infeksi, sementara antibiotik menyerang bakteri di infeksi yang lain.

Konsumsi antibiotik memang harus dengan resep dokter. Bila mengkonsumsi dua jenis antibiotik, tujuannya memang untuk memaksimalkan kerja antibiotik dalam membunuh bakteri. Namun, jika dosis yang diminum tidak sesuai dengan resep dokter, bisa menyebabkan resistensi bakteri. Akibatnya, bakteri di dalam tubuh akan menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut.

Jadi, Anda harus pastikan bahwa antibiotik yang dikonsumsi sudah sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Bila Anda mengabaikan dosis, pada akhirnya, bakteri akan terus berkembang biak di dalam tubuh dan penyakit tidak kunjung sembuh.


Sumber: Tribunnews.com