MUNCUL BINTIK PUTIH DI KUKU, PERTANDA KESEHATAN TERGANGGU?

Sewaktu kecil, mungkin Anda pernah mendengar mitos bahwa bila muncul bintik putih di kuku tangan, maka ada seseorang yang menyukai Anda. Hmm, tentunya hal tersebut hanyalah mitos dan tidak ada bukti nyatanya. Selain itu, ada juga yang berkata bahwa bintik putih yang muncul pada kuku sebenarnya adalah dampak dari kekurangan kalsium. Meskipun banyak yang mengira demikian, ternyata hal tersebut juga mitos. Jadi penasaran kan?

Ternyata, bintik putih pada kuku tidak disebabkan karena kekurangan kalsium, dan tidak memiliki resiko apapun. Tanda tersebut disebut dengan Leukonychia punctata yang merupakan trauma ringan pada kuku. Mungkin Anda tidak merasa mengalami masalah pada kuku sebelumnya, seperti terjepit pintu atau semacamnya. Hmm, ternyata penyebabnya tidak hanya karena terjepit pintu lho.

Trauma ringan pada kuku yang menimbulkan bintik putih tersebut bisa berupa hal sepele yang mungkin Anda sendiri tidak menyadarinya. Sebagai contoh, mungkin Anda mengetuk pintu terlalu keras atau memiliki kebiasaan menggigit kuku. Awalnya, bintik putih akan muncul di kuku bagian bawah dan semakin naik seiring dengan tumbuhnya kuku. Tak hanya trauma, memakai cat kuku dengan bahan yang membuat alergi juga bisa menimbulkan bintik putih tersebut. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena bintik tersebut bisa menghilang seiring dengan tumbuhnya kuku.

Yang perlu diwaspadai adalah ketika kuku memutih seluruhnya. Bukan trauma, hal tersebut merupakan indikator kondisi kesehatan yang serius seperti gagal ginjal, penyakit jantung, dan juga sirosis hati. Oleh karena itu, bila kuku Anda memutih seluruhnya, pastikan untuk mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


Sumber: Kompas.com