DAFTAR VAKSIN UNTUK SI KECIL YANG WAJIB DIKETAHUI IBU!

Setelah melahirkan, ibu harus mulai waspada akan kesehatan bayinya. Bayi yang baru lahir hingga berumur 12 bulan harus mendapatkan berbagai jenis vaksin. Vaksin berfungsi untuk melindungi seseorang dari berbagai jenis penyakit. Dengan memberikan vaksin artinya Anda turut membantu herd immunity, artinya dengan satu orang yang divaksin akan membantu membentuk kekebalan di lingkungannya terhadap penyakit tertentu. Lalu, apa sajakah jenis vaksin yang harus diberikan pada bayi? Apa manfaatnya?

1. Vaksin Hepatitis B (HB) 0

Vaksin ini diberikan saat bayi yang berusia kurang dari 7 hari. Vaksin Hepatitis B sangat berguna untuk mencegah bayi terserang penyakit hepatitis B atau lebih dikenal sebagai penyakit kuning. Pemberian vaksin sebanyak 3 kali dapat mencegah resiko terserangnya penyakit Hepatitis B hingga 75%. Bayi harus mendapatkan vaksin HB saat berusia 0 bulan, 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan.

2. Vaksin BCG

Vaksin ini diberikan saat bayi berusia 1 bulan. Tugas dari vaksin ini adalah untuk mencegah bayi terserang penyakit tuberculosis (TBC) yang disebabkan oleh kuman.

3. Vaksin Polio

Polio adalah jenis penyakit yang menyebabkan kelumpuhan pada anak yang disebabkan oleh virus. Untuk mencegahnya, bayi wajib mendapatkan vaksin polio sebanyak 4 kali yang diberikan pada saat bayi berusia 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan.

4. Vaksin DPT

Vaksin ini merupakan gabungan dari 3 vaksin yaitu Difteri, Pertussis, dan Tetanus. Penyakit Difteri dapat menyebabkan kerusakan jantung. Sedangkan, Pertussis adalah batuk rajan 100 hari yang sangat menular. Terakhir, Tetanus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan menyebabkan penderitanya mengalami kejang otot yang mirip dengan epilepsi. Pemberian vaksin ini 3 kali yaitu saat bayi berumur 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan.

5. Vaksin HiB

Penyakit meningitis dan pneumonia adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Haemofillus Influenza B. Agar tak terinfeksi bakteri tersebut, bayi harus mendapat vaksin HiB saat berusia 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan.

6. Vaksin Campak

Campak adalah jenis penyakit kulit menular yang bisa berakhibat fatal bila tidak segera ditangani. Bayi harus mendapatkan vaksin campak saat berusia 9 bulan untuk menurunkan resiko infeksi campak hingga 90 persen.