JALAN-JALAN BISA SEMBUHKAN JERAWATAN LHO! PERCAYA NGGAK?

Ugh, jerawat! Saat muncul, jerawat tentu jadi menyebalkan, apalagi bila munculnya menjelang acara penting. Rasanya ingin memakai masker, atau malah menutup muka sekalian. Meskipun kecil dan terkesan tak penting, sebenarnya lokasi kemunculan jerawat bisa menjadi penanda kondisi kesehatan Anda. Seorang ahli dermatologi dari Mt. Sinai Hospital, New York, Joshua Zeichner, M.D., menjelaskan arti dari lokasi tumbuh jerawat dan kaitannya dengan kondisi kesehatan Anda.

Tentu Anda sering mengalami jerawat yang muncul di dagu, rahang, atau leher. Pernahkan Anda menyadari bahwa jerawat tersebut muncul saat menjelang jadwal menstruasi? Ya, jerawat yang muncul di area tersebut memang penanda bahwa Anda akan menstruasi. Hal ini terjadi karena terdapat fluktuasi testosteron yang membuat kelenjar memproduksi lebih banyak minyak sehingga dapat menyumbat pori-pori. Pada saat seperti ini, pastikan Anda mengaplikasikan pembersih wajah yang khusus untuk anti jerawat.

Area T (hidung dan kening) adalah area lainnya dimana jerawat sering tumbuh.  Jika Anda sering mendapati jerawat yang tumbuh di area ini, artinya Anda sedang mengalami stres. Hal ini disebabkan oleh produksi adrenalin yang dapat memicu produksi minyak yang berlebih di area tersebut. Untuk menghindarinya, Anda harus melakukan hal-hal yang bisa menyegarkan pikiran Anda seperti jalan-jalan atau berolahraga agar hormon endorfin terproduksi.

Pernahkah Anda merasakan munculnya jerawat di dekat garis rambut? Saat sedang menyisir rambut, mungkin Anda akan merasakan sakit di area tumbuh jerawat. Hal ini terjadi karena penggunaan gel rambut yang bisa memicu iritasi atau alergi pada kulit kepala. Namun, Anda tak perlu khawatir karena hal tersebut dapat dicegah dengan cara mencuci tangan hingga bersih sebelum menyentuh kulit. Dengan begitu, kuman tak akan menempel dan tidak menyebabkan iritasi.

Jerawat pada pipi juga sering menjadi masalah yang menghantui. Selain karena letaknya yang mudah dilihat sehingga membuat malu, jerawat pada pipi cenderung lebih lama sembuh. Biasanya, mereka yang memiliki jerawat pada pipi adalah orang-orang yang sering menggunakan ponsel mereka. Pipi menjadi sering terkena ponsel. Padahal, ponsel ternyata memiliki jutaan bakteri dan jauh lebih banyak dari dudukan toilet. Agar tidak berjerawat, Anda bisa memakai headset untuk menghindari bersentuhan langsung dengan ponsel.


Sumber: Detik.com