KEJANG KAMBUH KARENA EPILEPSI? SEBABNYA INI!

Sering dikenal sebagai ayan, penyakit epilepsi adalah jenis penyakit yang kadang membuat masyarakat Indonesia merasa takut karena saat kambuh penderitanya kehilangan kesadaran dan kejang-kejang. Tak hanya itu, penderita epilepsi juga kehilangan kontrol atas gerak tubuhnya sehingga sering dikhawatirkan melakukan tindakan berbahaya. Mungkin Anda merasa penasaran, kira-kira, apa ya penyebab epilepsi? Berikut ini adalah penyebab epilepsi untuk menjawab rasa penasaran Anda.

Faktor Genetik

Tak jarang penderita epilepsi memiliki riwayat anggota keluarga yang juga menderita epilepsi. Memang penyakit ini dapat diturunkan ke anak maupun cucu. Sehingga, mereka yang memiliki anggota keluarga penderita epilepsi maka akan lebih tinggi resikonya untuk terserang epilepsi.

Pernah Cedera Kepala

Bila Anda pernah mengalami cedera kepala yang disebabkan oleh benturan atau pendarahan, Anda juga akan terkena risiko terserang epilepsi. Sebab sistem saraf dan otak mungkin saja mengalami kerusakan sehingga risiko epilepsi meningkat.

Kondisi Otak Tidak Normal

Penderita stroke atau tumor bisa juga terserang epilepsi. Mereka yang terserang epilepsi di usia 35 tahun ke atas biasanya disebabkan oleh stroke yang menyerang sebelumnya.

Gangguan Perkembangan

Epilepsi juga lebih mudah menyerang pasien yang memiliki kondisi neurofibromatosis dan juga autisme.

Selain berbagai penyebab di atas, penderita epilepsi juga dapat kambuh karena berbagai hal, seperti terkena stimulasi cahaya yang terang, stress, kurang tidur, kelelahan karena olahraga yang berlebihan, serta karena asap rokok. Oleh karena itu, bila Anda mengetahui anggota keluarga yang memiliki epilepsi sedang kambuh, pastikan untuk menjauhkan berbagai pemicu tersebut. Jauhkan juga barang-barang berbahaya agar tidak terjangkau oleh penderita epilepsi.


Sumber: Doktersehat.com