MENUNDA BANGUN TIDUR MESKI LIMA MENIT DAPAT TIMBULKAN EFEK BURUK!

“5 menit lagi deh..”

Familiar dengan kalimat itu? Ya, kalimat tersebut adalah kalimat yang paling sering diucapkan ketika bangun tidur di pagi hari. Rasanya, mata sulit terbuka dan Anda memutuskan untuk tidur lima menit lagi, yang terus bertambah hingga setidaknya 30 menit. Meskipun terlihat sepele, ternyata menunda-nunda untuk bangun tidur barang lima menit saja dapat mengakibatkan efek yang buruk pada tubuh lho. Apa saja tuh?

Hormon Tidak Stabil

Saat pertama kali terjaga dari tidur, secara alami, produksi hormon melatonin akan menurun dan digantikan dengan peningkatan hormon serotonin, dopamin, dan adrenalin yang membuat tubuh bersemangat. Namun, bila Anda menunda untuk bangun dan memilih tidur lagi, produksi hormon pun akan kacau sehingga tubuh justru menjadi tidak segar sepanjang hari.

Mabuk Tidur

Tak hanya mabuk kendaraan, bangun tidur pun bisa membuat Anda mabuk. Saat bangun tidur, Anda merasa kebingungan, entah mengira hari sudah sore, atau sudah pagi. Hal ini mungkin terjadi bila tubuh Anda mengalami masalah kognitif yang muncul karena Anda menunda bangun tidur.

BAB Terganggu

Setiap bangun tidur, sistem pencernaan tubuh akan mulai bekerja lagi setelah istirahat selama Anda tertidur. Oleh karena itu, Anda cenderung memiliki keinginan untuk BAB saat bangun tidur. Hal ini tentu tidak akan terjadi dengan lancar bila Anda tidak segera bangun dan malah memilih untuk tidur lagi. Itulah sebabnya pencernaan Anda menjadi tidak lancar.

Tidak Merasa Lapar

Hormon yang mengatur nafsu makan, atau disebut hormon ghrelin, tidak diproduksi saat Anda tidur dan mulai diproduksi lagi ketika Anda mulai terbangun. Memilih untuk tidur lima menit lagi akan mengganggu proses produksi hormon ghrelin ini, sehingga ketika Anda benar-benar terbangun, rasa lapar tidak akan terasa karena proses produksinya telah terganggu.


Sumber: Detik.com