MAKAN NASI SISA KEMARIN, AWAS KERACUNAN!

Banyak orang yang merasa sayang membuang sisa nasi semalam. Apalagi, nasinya masih enak dan belum berbau. Kebiasaan ini sudah dianggap wajar oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang memang mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Tidak banyak yang tahu bahwa memakan nasi sisa semalam ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan meskipun sudah dipanaskan.

Layanan kesehatan publik di Inggris, NHS, menyatakan bahwa memakan makanan sisa kemarin ternyata bisa mengakibatkan keracunan. Yang menyebabkan keracunan bukanlah akibat memanaskan atau tidak melainkan akibat cara penyimpanan nasi pada hari kemarin.

Beras mengandung spora Bacillus cereus yang mampu bereproduksi dengan cepat sehingga dapat berubah menjadi bakteri. Bakteri yang tumbuh tersebut yang dapat menyebabkan seseorang keracunan dan membutuhkan oabt diare. Keadaan tersebut dapat dihindari bila Anda tahu cara menyimpan nasi dengan benar.

Setelah dimasak, nasi sebaiknya segera didinginkan dalam waktu 1 jam. Setelah itu, jika ingin dipanaskan lagi, nasi dapat disimpan di kulkas. Tapi perlu diingat, nasi dapat disimpan di kulkas tidak lebih dari 1 hari. Jadi, sebaiknya habiskan nasi sebelum 24 jam. Nasi sisa sebaiknya hanya dipanaskan satu kali karena bila lebih dari itu maka kualitasnya akan menurun dan menyebabkan diare.


Sumber: Tribunnews.com