DONORKAN DARAH TERNYATA BISA PANJANGKAN USIA LHO!

Pernahkah Anda mendonorkan darah? Mungkin sebagian dari Anda belum pernah mendonorkan darah karena takut akan jarum suntik atau darah yang mengalir. Wah, sungguh disayangkan bila Anda belum pernah donor darah karena sebenarnya ada banyak manfaat yang dapat diambil dengan donor darah. Meskipun darah Anda diambil, bukan berarti tubuh Anda akan mengalami kerusakan. Yang terjadi malah sebaliknya, tubuh Anda akan lebih sehat dengan donor darah. Apa saja keuntungan dari donor darah? Mari kita simak di bawah ini.

Aliran Darah Lebih Lancar

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dengan mendonorkan darah adalah aliran darah di tubuh yang semakin lancar. Menurut Phillip DeChristoper, M.D., Ph.D, direktur bank darah Loyola Univeristy, darah yang memiliki tingkat kekentalan tinggi akan mengalir dengan cara menetes. Oleh karenanya dengan mengurangi volume darah di dalam tubuh, aliran darah akan semakin lancar. Selain itu, penelitian menemukan bahwa orang yang sering mendonorkan darah menurunkan resiko terserang penyakit jantung hingga 88%.

Menyeimbangkan Zat Besi

Memiliki kandungan zat besi yang terlalu tinggi di darah ternyata kurang baik. DeChristoper juga menyampaikan bahwa kandungan zat besi yang terlalu tinggi di darah dapat menyebabkan gangguan pada pembuluh darah. Keabnormalan dalam pembuluh darah dapat menyebabkan penyakit seperti serangan jantung dan stroke. Pada orang dewasa yang sehat, kandungan zat besi dalam darahnya adalah 5 gram. Dengan mendonorkan darah, Anda dapat mengurangi kandungan zat besi tersebut hingga 0.25 gram.

Memperbarui Sel Darah Merah

Dengan mendonorkan darah, otomatis tubuh Anda akan kekurangan sel darah merah. Namun Anda tidak perlu khawatir karena sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru agar tubuh tidak kekurangan sel darah merah lagi. Artinya, dengan mendonorkan darah, Anda memicu tubuh untuk segera memproduksi sel darah baru yang tentunya lebih segar.

Mendapatkan Cek Kesehatan

Tidak semua orang dapat mendonorkan darah sesuka hati. Sebelum mendonorkan darah, Anda harus melakukan cek kesehatan terlebih dahulu untuk mengetahui kelayakan Anda sebagai pendonor. Tenaga medis yang menangani Anda akan mengecek suhu tubuh, detak jantung, tekanan darah, serta kadar hemoglobin dalam tubuh Anda. Bila Anda dinyatakan layak, maka darah Anda akan diambil. Darah yang diambil itu pun tidak akan langsung didonorkan pada orang lain. Akan dijalankan setidaknya 13 jenis tes berbeda di laboratorium untuk mengetahui apakah darah Anda terinfeksi penyakit atau tidak. Bila ternyata hasilnya positif terinfeksi penyakit, maka Anda akan mendapat pemberitahuan.

Memperpanjang Usia

Selain beberapa manfaat di atas, Anda juga harus tahu bahwa dengan mendonorkan darah Anda justru memperpanjang usia. Berbuat baik selalu menguntungkan karena sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mereka yang berbuat baik dapat memperpanjang usia hingga empat tahun. Selain usia Anda sendiri, tentunya darah yang Anda donorkan juga dapat memperpanjang usia orang lain yang mendapatkannya. Sangat bermanfaat bukan?


Sumber: Health.com