SULIT BERHENTI MEROKOK? PASTI BELUM COBA YANG INI!

Bagi sebagian orang, merokok merupakan kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan. Padahal, kebiasaan yang satu ini sangat tidak sehat dan dapat merusak organ pernapasan. Selain itu, merokok juga dapat berakibat buruk pada orang sekitar yang tidak merokok namun menghirup asap dari perokok. Hingga kini, Indonesia masih menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan perokok terbanyak, yaitu 76%. Selain itu, setiap tahunnya di Indonesia terdapat 400.000 kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan rokok. Tentunya Anda tidak ingin menjadi bagian dari 400.000 orang yang meninggal karena merokok. Oleh karena itu ada baiknya bagi Anda untuk menghentikan kebiasaan merokok sesegera mungkin.

Bagi Anda yang berniat untuk berhenti merokok, ada baiknya Anda segera melaksanakan niat tersebut. Merokok sesungguhnya sangat merugikan Anda. Selain mengganggu kesehatan paru-paru, nikotin yang terkandung dalam rokok juga dapat merusak kulit dan gigi Anda. Jika Anda merasa kesulitan untuk menghentikan kebiasaan merokok, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar berhenti merokok.

1. Bulatkan Niat

Hal yang pertama dan yang paling membantu Anda untuk berhenti merokok adalah niat. Anda harus memiliki niat dan tekad yang bulat untuk berhenti merokok. Tekad yang tidak tergoyahkanya tentunya akan sangat membantu Anda hingga kebiasaan merokok dapat sepenuhnya Anda hentikan. Selain itu, sampaikan juga niat tersebut ke keluarga atau orang terdekat Anda agar mereka dapat mendukung niat tersebut.

2. Hentikan Secara Bertahap

Selanjutnya, persiapkan rencana yang matang mengenai bagaimana Anda akan berhenti merokok. Perencanaan yang baik akan sangat berguna bila Anda ingin merealisasikan keinginan Anda untuk berhenti merokok. Anda tidak perlu berhenti merokok secara mendadak dan seketika. Namun, mulailah secara perlahan. Sebagai contoh, Anda bisa mengurangi jumlah rokok yang Anda hisap per hari. Apabila sebelumnya Anda dapat menghisap sebungkus rokok, maka kini Anda bisa menguranginya menjadi 3 batang per hari. Buatlah rencana pengurangan rokok secara bertahap hingga Anda sudah terbiasa tidak merokok.

3. Ganti Menu Makan Anda

Banyak perokok yang mengatakan bahwa merokok setelah makan adalah yang terenak. Namun, ternyata ada beberapa jenis makanan yang apabila dikonsumsi sebelum merokok akan membuat rokok terasa tidak enak. Nah, untuk membantu rencana Anda dalam menghilangkan kebiasaan merokok, maka Anda bisa mempertimbangkan mengganti menu makan menjadi makanan yang akan membuat rokok terasa tidak enak. Menurut sebuah penelitian di Amerika, beberapa jenis makanan yang membuat rokok terasa tidak enak adalah keju, buah-buahan dan sayur. Bila Anda sudah tidak suka duluan dengan rasanya, tentu Anda akan mengurungkan niat untuk merokok.

4. Tahan Selama 5 Menit

Ada saat-saat dimana perokok merasakan keinginan yang besar untuk merokok. Keinginan tersebut biasanya akan berlangsung selama setidaknya 5 menit sebelum menghilang dengan sendirinya. Oleh karena itu, akan lebih baik bila Anda dapat memikirkan hal yang dilakukan selama 5 menit tersebut hingga rasa ingin merokok dapat hilang dengan sendirinya. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat mulut Anda sibuk. Hal ini bisa dilakukan dengan mengunyah permen karet, coklat, permen, atau menyemprotkan penyegar napas. Dengan begitu, napas Anda akan terasa lebih segar.

5. Berkumpul Dengan Yang Tidak Merokok

Lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap keinginan Anda untuk merokok. Bila Anda terus-terusan berada di lingkungan perokok, maka keinginan Anda untuk berhenti merokok akan semakin sulit dilakukan. Oleh karena itu, agar niat Anda terlaksana akan lebih baik bagi Anda untuk sementara berkumpul dengan teman-teman yang tidak merokok. Cara ini dapat sangat membantu Anda untuk menghentikan keinginan untuk merokok.

6. Cari Fakta Berbahaya tentang Rokok

Mencari tahu mengenai bahaya merokok bagi tubuh sedikit banyak juga dapat membantu Anda untuk menghentikan keinginan untuk merokok. Ada banyak sekali informasi mengenai bahaya merokok yang tentunya sangat mengerikan. Bisa dipastikan Anda tidak ingin kesehatan Anda terganggu karena merokok. Oleh karena itu, ingat selalu berbagai alasan yang membuat Anda ingin berhenti merokok. Semoga tips berhenti merokok ini dapat membantu Anda untuk mengubah kebiasaan tersebut.


Sumber: Berbagai sumber