MALAS SARAPAN? HATI-HATI, JANTUNG SEDANG DIINTAI!

Setiap orang tentunya ingin hidup sehat tanpa penyakit yang menyerang. Namun, terkadang beberapa penyakit tidak dapat dihindarkan karena adanya faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan seseorang. Anda mungkin terkadang terpapar berbagai faktor tersebut namun Anda tidak menyadarinya. Salah satu penyakit yang dapat menyerang karena adanya faktor yang tak terduga adalah penyakit jantung. Apa saja yang dapat memicu penyakit jantung?

Tinggal di Dataran Rendah

Mungkin saat memilih lokasi tempat tinggal Anda tidak terlalu berpikir mengenai tinggi atau tidaknya tanah tempat Anda tinggal. Namun, ternyata sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Fisiology menemukan bahwa mereka yang tinggal di dataran rendah memiliki resiko lebih tinggi untuk terserang sindrom metabolik yang meliputi penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes bila dibandingkan dengan mereka yang tinggal di dataran tinggi. Hal ini disebabkan, dataran tinggi lebih kaya akan oksigen sehingga jantung dan paru-paru bisa berfungsi dengan lebih efisien. Selain itu, udara di daerah dataran rendah sudah banyak tercemar.

Melahirkan Lebih Dari 1 Anak

Selain area tempat tinggal, bagi perempuan yang melahirkan lebih dari satu anak juga bisa mengalami peningkatan resiko terkena Fibrilasi Atrium (FA). Kondisi ini adalah kelainan irama jantung yang tidak teratur dan bisa menyebabkan penggumpalan darah di jantung, stroke, dan komplikasi lainnya. Hal ini diperkuat dengan pernyataan dari Mary Ann Bauman, seorang MD dari American Heart Association.

Persalinan Bayi Prematur

Hal lain yang bisa meningkatkan resiko penyakit jantung adalah persalinan bayi prematur. Bila Anda pernah melahirkan bayi sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu, resiko Anda untuk terserang penyakit jantung adalah 40% lebih besar dari wanita yang normal. Bahkan, bila Anda melahirkan bayi sebelum usia kehamilan mencapai 32 minggu, resikonya meningkat dua kali lipat.

Tidak Sarapan

Terakhir, Anda yang selalu melewatkan sarapan wajib hati-hati. Faktanya, sarapan sangat penting bagi Anda karena bisa menambah energi. Selain itu, perlu diketahui bahwa sarapan bisa membantu unutk menjaga kesehatan organ tubuh yang penting seperti jantung. Dengan demikian, bila Anda rajin sarapan maka akan terhindar dari penyakit jantung, kolesterol, dan bahkan tekanan darah tinggi.