EITS, JANGAN MINUM OBAT INI KALAU BELUM MAKAN!

Saat sakit, Anda tentu mendapat resep obat dari dokter yang seharusnya diminum sesuai anjuran. Meskipun Anda sudah tahu obat yang tepat untuk penyakit Anda, bukan berarti obat tersebut dapat diminum secara asal-asalan. Pasien harus meminum obat sesuai dengan saran yang dianjurkan dokter atau apoteker. Saat menerima obat, mungkin Anda akan melihat berbagai macam instruksi yang diberikan oleh dokter. Salah satunya adalah petunjuk kapan obat seharusnya diminum. Pernahkah Anda mendapat obat yang harus diminum sebelum makan atau saat perut sedang kosong?

Memang ada beberapa jenis obat yang harus diminum sebelum makan atau ketika perut sedang kosong. Bila Anda mendapat obat yang diinstruksikan demikian, itu artinya Anda tidak boleh makan apapun, sebelum atau saat meminum obat. Hal ini disebabkan karena makanan atau minuman yang Anda konsumsi dapat berpengaruh terhadap cara kerja obat. Bahkan ada beberapa jenis makanan atau minuman yang bisa menyerap obat hingga tidak dapat bekerja dengan semestinya.

Selain itu, ada juga beberapa jenis obat yang menjadi netral apabila berinteraksi dengan beberapa jenis makanan seperti jus anggur, makanan yang tinggi akan vitamin K seperti sayuran hijau, dan pengganti garam atau makanan yang mengandung potassium seperti pisang. Tentunya akan sangat merugikan bagi Anda bila meminum obat namun khasiatnya sudah hilang. Oleh karenanya pastikan untuk selalu mengikuti anjuran minum dari dokter setiap meminum obat.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk makan?

Setelah minum obat, ada baiknya Anda memberi jeda satu atau dua jam sebelum mengisi perut dengan makanan. Bila terlupa, sebenarnya tidak akan ada masalah yang berarti. Hanya saja, kemungkinan besar obat yang Anda minum tidak akan menunjukkan hasil apapun karena sudah berinteraksi dengan makanan Anda. Beberapa obat yang harus diminum sebelum makan adalah obat-obatan anti radang seperti aspirin, asam mefenamat dan ibuprofen, obat diabetes seperti glibenklamid, obat penurun tekanan darah seperti kaptopril, serta obat penurun kolesterol.  


Sumber: NHS.uk