EWWW, PANUAN! CEK CARA INI AGAR NGGAK KETULARAN PANU

Apakah kulit Anda pernah terserang panu? Bagi Anda yang belum pernah, mungkin terserang panu terlihat menjijikkan. Bisa juga Anda takut tertular panu yang diderita oleh teman atau anggota keluarga Anda. Namun, apakah Anda mengetahui penyebab panu muncul di kulit? Kali ini, ada baiknya bagi Anda untuk mengenal panu lebih dekat.

Tine versicolor, atau yang lebih dikenal sebagai panu, adalah infeksi pada kulit yang disebabkan oleh jamur. Jamur tumbuh dan berkembang di kulit manusia yang menyebabkan penyakit kulit. Infeksi jamur atau panu ini dapat terjadi karena beberapa hal, seperti kulit berminyak, cuaca yang panas, keringat berlebih, serta sistem imun yang lemah.  Pada dasarnya, panu tidak menular dan bisa terjadi pada siapa saja.

Ciri-Ciri Panu

Seperti apakah kulit yang terkena panu?

Panu biasanya menimbulkan bercak pada kulit yang warnanya berbeda dengan warna kulit. Bercak tersebut bisa muncul di satu titik, atau banyak titik. Selain itu, ada beberapa gejala dan tanda yang mengindikasikan bahwa kulit Anda terserang panu, yaitu:

  • Timbul bercak pada kulit yang berwarna putih, pink, kemerahan, atau kecoklatan. Warnanya bisa lebih cerah atau lebih gelap dari warna kulit di sekitar bercak.

  • Saat terpapar sinar matahari, bercak tersebut tidak menggelap meskipun warna kulit di sekitarnya menggelap.

  • Bercak tersebut dapat muncul di berbagai area di tubuh, seperti leher, dada, punggung atau lengan.

  • Bercak terasa gatal dan perih, semakin parah ketika udara panas dan lembab.

Lindungi Kulit Anda

Agar tak terserang panu, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan di kehidupan sehari-hari. Pertama, Anda harus mengurangi penggunaan produk perawatan kulit yang menyebabkan produksi minyak pada kulit semakin berlebih. Lalu, kurangi juga paparan langsung terhadap sinar matahari. Hal ini dapat memicu timbulnya panu atau membuat panu Anda semakin melebar. Ketika harus beraktivitas di bawah sinar matahari, Anda dapat memakai lotion sunscreen dengan SPF 30. Sebaiknya, kurangi memakai pakaian yang ketat saat cuaca sedang panas agar Anda tidak terlalu berkeringat. Bagi Anda yang sudah terserang panu, sebaiknya Anda memakai salep khusus obat jamur untuk mengobatinya. Bila panu yang Anda derita sudah cukup parah, segera kunjungi dokter kulit untuk memperoleh penanganan yang tepat. 


Sumber: WebMD.com