TAK SABAR INGIN LIHAT GIGI SI KECIL? CEK TANDANYA!

Orangtua tentunya tidak sabar melihat perkembangan buah hatinya, mulai dari belajar merangkak hingga berlari. Selain itu, orangtua tentunya juga tidak sabar melihat gigi si kecil tumbuh satu persatu. Terkadang, orangtua kebingungan karena gigi anaknya tidak kunjung tumbuh juga. Lalu, kapankah seharusnya gigi bayi mulai tumbuh?

Sebenarnya tidak ada patokan pasti mengenai kapan gigi mulai tumbuh. Namun umumnya gigi akan tumbuh saat bayi berusia 8 bulan. Yang pertama tumbuh adalah dua gigi depan bagian bawah. Kemudian akan disusul gigi depan bagian atas dan terus tumbuh hingga ke geraham. Biasanya, pertumbuhan gigi pada bayi akan diawali dengan berbagai gejala yang bisa dilihat langsung oleh orangtua, yaitu:

1. Berliur: Saat gigi akan tumbuh, produksi air liur pada bayi akan lebih banyak dari biasanya hingga bayi akan mengeces.

2. Batuk atau muntah: Akibat banyaknya produksi air liur pada mulut bayi, terkadang bayi bisa tersedak air liur sehingga menyebabkan batuk-batuk hingga muntah.

3. Menangis: Karena tidak bisa mengekspresikan rasa tidak nyaman karena gigi yang tumbuh, bayi akan lebih sering menangis karena pertumbuhan gigi terkadang juga menyakitkan.

4. Menggigit-gigit: Karena ada rasa aneh pada gusi, bayi tidak akan merasa nyaman dan cenderung menggigit benda-benda yang ada di sekitarnya, termasuk mengigit puting ibu saat menyusui.

5. Susah makan: Bayi akan lebih rewel saat akan makan. Bayi akan cenderung menolak makanan karena gusinya terasa sakit.

6. Memasukkan tangan ke mulut: Rasa tidak nyaman yang terasa di dalam mulut bayi membuatnya memasukkan tangan ke mulut untuk mengusir rasa tidak nyaman tersebut.

Nah, bila bayi Anda sudah menunjukkan berbagai gejala di atas, Anda boleh berbahagia karena gigi bayi Anda akan segera tumbuh. Bila gigi bayi sudah tumbuh semua, ingatlah untuk memeriksakannya ke dokter gigi untuk melihat kesehatan gigi bayi Anda.