SAMBUT HARI GIZI NASIONAL, LAWAN STUNTING PADA ANAK!

Jumat, 25 Januari 2019 memang diketahui sebagai Hari Gizi Nasional. Momen ini dianggap tepat untuk mengingatkan kembali bahaya stunting yang mengintai anak Indonesia. Saat ini Indonesia menduduki peringkat kelima di dunia terkait masalah stunting atau anak bertubuh kerdil ini. Bahkan presentasenya pun meningkat dari 36.8% menjadi 37.2%.

Masalah stunting pada anak di Indonesia ini ternyata bisa dihindari lho. Menurut Ahli Gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Diah M Utari, permasalahan stunting dapat dihindari dengan memperhatikan konsumsi makanan selama kehamilan dan menyusui. Saat hamil, seorang ibu sebaiknya mengkonsumsi berbagai makanan bernutrisi dengan gizi seimbang agar perkembangan janin dapat optimal. Selain itu, saat menyusui pun ibu wajib memberikan ASI eksklusif. Saat menyusui, asupan ibu pun juga wajib diperhatikan. Lalu menu apa saja yang harus diperhatikan oleh ibu hamil dan menyusui?

Bagi ibu hamil wajib mengkonsumsi setidaknya 6 porsi makanan pokok dalam sehari atau 1.5x lipat dari porsi normal, 4 porsi sayuran, 3 porsi buah-buahan, 3 lauk hewani dan 3 lauk nabati (sudah termasuk susu), dan juga dilengkapi dengan meminum 8 gelas air putih. Saat sudah menyusui, porsinya tidak beda jauh dengan saat hamil. Perbedaan hanya ada pada porsi buah yang menjadi 4 porsi dan air putih yang menjadi 10 gelas per hari.

Asupan saat anak sudah bertumbuh pun juga harus diperhatikan. Imunisasi dasar wajib diberikan pada anak. Tak hanya itu, akses sanitasi yang layak nyatanya juga berpengaruh pada pertumbuhan si kecil. Nah, pastikan Anda memenuhi gizi yang layak pada si kecil agar tidak terjadi stunting pada perkembangannya ya!


Sumber: Jawapos.com