TERSERANG BINTITAN? KEBIASAAN KECIL INI PENYEBABNYA!

Seringkali Anda merasakan benjolan kecil pada mata yang terasa mengganggu. Orang Indonesia biasa menyebutnya dengan bintitan atau timbilan. Kondisi tersebut secara medis disebut dengan hordeolum. Tentunya kondisi mata ini sudah sering anda saksikan atau bahkan anda alami sendiri. Bintitan sebenarnya terjadi karena infeksi bakteri stafilokokus yang terjadi pada akar bulu mata, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat. Namun, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan seseorang memiliki resiko lebih tinggi untuk terserang bintitan.

Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan seseorang terserang bintitan adalah:

- Penggunaan kosmetik kadaluwarsa

- Malas menghapus kosmetik sebelum tidur

- Pemakaian lensa kontak yang tidak steril

- Peradangan pada kelopak mata kronis

Bila Anda terserang bintitan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena biasanya akan sembuh sendiri dalam jangka waktu kurang lebih 7-20 hari. Namun, jika Anda merasa tidak nyaman, ada beberapa langkah pengobatan yang bisa Anda terapkan, yaitu:

- Mengurangi pemakaian kosmetik

- Mengompres mata dengan air hangat selama 5-10 menit

- Tidak memakai lensa kontak selama bintitan

- Mengaplikasikan analgesik saat dibutuhkan

Saat Anda sudah menerapkan berbagai cara di atas namun bintitan tidak kunjung sembuh, atau bahkan terasa makin nyeri dalam 20 hari, ada baiknya bagi Anda untuk segera berkunjung ke dokter mata. Kemungkinan dokter akan mengeluarkan nanah pada mata agar bintitan berkurang.


Oleh: Gilang Wening Pertiwi | Sumber: Alodokter.com