APAKAH BUANG AIR BESAR YANG SEHAT HARUS DI PAGI HARI?

Pada jam berapa Anda biasanya buang air besar?

Tidak diragukan lagi bahwa sebagian besar orang memilih pagi hari untuk buang air besar. TIdak sedikit juga yang selalu melewatkan jadwal buang air besar dan hanya melakukannya saat sudah terasa saja. Namun, tentu Anda penasaran, sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk buang air besar?

Menurut dr. Kenneth Koch, spesialis masalah pencernaan dari Wake Forest Baptist Medical Center, mengungkapkan bahwa waktu terbaik untuk buang air besar adalah di pagi hari. Pasalnya, ketika pagi tiba, semua organ di tubuh pun kembali berjalan, termasuk usus besar. Usus besar pun akan bekerja lebih keras untuk memproses makanan yang telah Anda makan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk buang air besar di pagi hari.

Lalu, bagaimana bila tidak terasa ingin buang air besar?

Anda bisa memancing keinginan untuk buang air besar dengan minum segelas kopi atau melakukan sedikit peregangan selama 30 menit sebelum bangun. Dengan begitu usus akan berkontraksi dan mendorong feses ke rektum.

Bagi mereka yang tidak terbiasa buang air besar di pagi hari tak perlu merasa khawatir. Pagi hari memang dianggap menjadi waktu yang terbaik untuk buang air besar, namun yang terpenting adalah kerutinannya. Tidak menjadi masalah bila Anda buang air besar di malam hari asalkan setiap hari waktunya selalu sama. Bila jadwal buang air besar rutin, maka sistem pencernaan pun akan bekerja lebih optimal. Sebaliknya, bila buang air besar tidak rutin, perut akan menjadi terasa begah dan terasa penuh. Anda juga mungkin merasa kembung dan ada gas di dalam perut. Oleh karena itu, sebaiknya mulai sekarang biasakan untuk buang air besar secara rutin.


Sumber: Hellosehat.com