MENSTRUASI TIDAK TERATUR? PENYEBABNYA BISA JADI INI!

Bagi perempuan, datang bulan adalah hal yang penting dan perlu diperhatikan. Sebagian perempuan mungkin tidak memiliki masalah dengan jadwal menstruasinya. Normalnya, menstruasi datang setiap 21-35 hari. Tiap perempuan memiliki siklus yang berbeda-beda. Saat masa-masa awal menstruasi, biasanya jadwal menstruasi belum teratur. Awalnya, siklus masih panjang, namun semakin bertambahnya umur, siklus menstruasi akan semakin teratur dan bisa diperkirakan kedatangannya. Siklus menstruasi sesungguhnya sangat berguna bagi Anda untuk mengetahui waktu ovulasi. Selain itu, teratur atau tidaknya menstruasi ternyata dapat mengindikasikan kondisi kesehatan Anda. Ada beberapa penyebab menstruasi tidak teratur yang seharusnya Anda ketahui.

Tanda-Tanda Kehamilan

Kehamilan adalah penyebab yang paling memungkinkan atas keterlambatan menstruasi Anda. Menstruasi yang tidak datang artinya ada kemungkinan Anda sedang hamil karena ini merupakan salah satu tanda kehamilan. Apabila Anda merasa sudah tidak menstruasi selama dua bulan, lebih baik segera periksakan ke dokter karena bisa jadi Anda sedang mengandung. Selain itu, menyusui juga bisa menunda menstruasi Anda setelah melahirkan. Jadi tidak perlu khawatir bila Anda belum menstruasi karena yang hadir justru berita baik.

Perubahan Gaya Hidup

Selain itu, jika Anda mengalami gangguan pola makan, penurunan berat badan yang drastis, dan olahraga berlebihan juga bisa mengganggu siklus menstruasi Anda. Tentunya jika ingin segalanya kembali normal, Anda harus memperbaiki kebiasaan makan serta pola hidup sehat Anda.

Gangguan Hormon Tidak Seimbang

Menstruasi yang tidak teratur ternyata juga bisa menjadi indikasi PCOS atau polycystic ovary syndrome. Sindrom ini adalah gangguan hormon tidak seimbang karena terganggunya fungsi ovarium saat wanita tidak subur. Bila Anda terserang sindrom ini, kemungkinan besar menstruasi Anda menjadi tidak teratur dan saat menstruasi, darah yang keluar lebih banyak dari biasanya.

Gangguan Pada Indung Telur

Penyebab selanjutnya adalah kemungkinan premature ovarian failure atau gangguan pada indung telur seorang perempuan. Setiap bulannya indung telur melepaskan satu sel telur untuk dibuahi oleh sel sperma. Seorang perempuan yang mengalami gangguan ini bisa mengalami keterlambatan menstruasi karena indung telurnya gagal atau tidak melepaskan sel telur sama sekali. Namun, hal ini tidak sama dengan menopause dini karena perempuan yang mengidap gangguan ini masih menstruasi meskipun tidak teratur dan masih memiliki kemungkinan untuk hamil.

Gangguan Organ Reproduksi

Yang terakhir adalah gangguan pada organ reproduksi atau pertumbuhan rahim secara tidak normal yang bisa menyebabkan seorang perempuan untuk mens terus menerus atau bahkan jadwal menstruasinya menjadi jarang.

Atasi Penyebabnya

Untuk menghindari masalah menstruasi tidak teratur, Anda harus mengatasi penyebabnya terlebih dahulu. Bila penyebab sudah teratasi, maka menstruasi Anda akan teratur dengan sendirinya. Ada juga anjuran untuk meminum Pil KB untuk melancarkan menstruasi. Namun, akan lebih baik bagi Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.


Source: Mayoclinic.org