KERJA GAGALKAN DIETMU? INI TRIKNYA!

Saat tubuh mulai terasa berat dan kelebihan berat badan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur pola makan atau diet. Bagi sebagian besar orang, diet terasa susah dilakukan karena banyaknya godaan untuk makan yang enak namun mengandung kalori tinggi. Ketika diet sudah berhasil dilakukan, yang selanjutnya dilakukan adalah menjaga agar berat badan tidak naik lagi. Wah, tentu saja hal tersebut sangat sulit dilakukan. Apalagi, bagi mereka yang menghabiskan waktunya di kantor.

Sebuah survei di tahun 2013 menemukan bahwa dua dari lima orang bermasalah dengan berat badan karena pekerjaan mereka. Ya, duduk seharian di depan komputer memang meningkatkan kemungkinan lingkar perut menjadi bertambah. Apalagi bila Anda tidak beranjak dari tempat duduk sepanjang hari. Lalu, apa solusinya?

15 menit beraktivitas ringan di tempat kerja sudah cukup untuk menghindari timbunan lemak dalam tubuh. Aktivitas yang dilakukan pun tidak perlu yang berat-berat. Anda bisa sekedar berdiri, berjalan, atau mengambil minum ke pantry. Kegiatan sederhana tersebut ternyata sangat membantu untuk membakar kalori tubuh hingga 60 kalori hanya dalam 15 menit. Tapi, jangan hanya berdiri saja. Peneliti dari Universitas Pittsburgh tersebut juga menemukan bahwa kalori yang dibakar oleh mereka yang hanya berdiri sama saja dengan mereka yang hanya duduk.

Hal positif lainnya yang bisa didapatkan dari seikit berolahraga adalah meningkatnya mood di tempat kerja. Anda tidak akan cepat bosan dan jenuh dalam menghadapi pekerjaan. Dengan begitu, performa kerja pun turut meningkat. Menyenangkan bukan jika memiliki badan yang sehat, dan kerja juga lancar.


Sumber: Kompas.com